Efektivitas Experiential Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Psikologi Perkembangan
(1) Universitas Islam Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i1.12024
Abstract
Efektivitas Experiential Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Psikologi Perkembangan. Tujuan penelitian bertujuan mengetahui peningkatan active learning mahasiswa pada mata kuliah psikologi perkembangan dengan metode experiential learning theory dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah psikologi perkembangan dengan metode experiential learning theory. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen. Metode pembelajaran yang dilakukan dalam eksperimen ini menggunakan model pembelajaran experiential learning. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pemahaman materi psikologi perkembangan mahasiswa PGSD yang diajar dengan metode experiential learning lebih tinggi dibandingkan kelompok yang tidak menggunakan metode experiential learning. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa PGSD yang sedang mengambil mata kuliah psikologi perkembangan. Untuk menguji hasilnya digunakan hasil uji-t. Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan model pembelajaran eksperiential learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di PGSD berdasarkan nilai Sig. (2-tailed)<0,05, diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol.
kata kunci: experiential learning, psikologi perkembangan.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azwar, S. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hariri, Citra Apriovilita& Yayuk, Erna, 2017. Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
Kolb A.Y. & Kolb D.A. 2008. Experiental Learning Theory: A Dynamic, Holistic Approach to
Management Learning, Education and Development. Armstrong, S.J. & Fukami, C. (
Eds.) Handbook of Management Learning, Education and Development. London: Sage Publications
Kusmianti, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Eksperiential Learning terhadap konsep diri dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMU. Gane Swara, vol. 11, No. 2, pp 100-110.
Sharlanova V. 2004. Experiential Learning. Trakia Journal of Sciences, Vol. 2, No. 4, pp 36-39. Lumpkin Angela, R. M. 2014. student perception of active learning. college student hournal, 121-133.
Winterbottom, D. M. 2017. cambridge assesment international education. Retrieved from www.cambridgeinternational.org:http://www.cambridgeinternational.org/images/271174- active-learning.pdf
Article Metrics
Abstract view : 916 times | PDF view : 173 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ince Ince Prabu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Diterbitkan Oleh
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar
Email : pembelajar@unm.ac.id
Contak HP: 085299149118 / 081342252446
Pembelajar terindex oleh:
Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)