Efektivitas Experiential Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Psikologi Perkembangan

Ince Prabu Setiawan Bakar(1*),

(1) Universitas Islam Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i1.12024

Abstract


Efektivitas Experiential Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Psikologi Perkembangan. Tujuan penelitian bertujuan mengetahui peningkatan active learning mahasiswa pada mata kuliah psikologi perkembangan dengan metode experiential learning theory dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah psikologi perkembangan dengan metode experiential learning theory. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen. Metode pembelajaran yang dilakukan dalam eksperimen ini  menggunakan model pembelajaran experiential learning. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pemahaman materi psikologi perkembangan mahasiswa PGSD yang diajar dengan metode experiential learning lebih tinggi dibandingkan kelompok yang tidak menggunakan metode experiential learning. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa PGSD yang sedang mengambil mata kuliah psikologi perkembangan. Untuk menguji hasilnya digunakan hasil uji-t. Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan model pembelajaran eksperiential learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di PGSD berdasarkan  nilai Sig. (2-tailed)<0,05, diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol.

kata kunci: experiential learning, psikologi perkembangan.

Keywords


experiential learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar, S. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hariri, Citra Apriovilita& Yayuk, Erna, 2017. Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

Kolb A.Y. & Kolb D.A. 2008. Experiental Learning Theory: A Dynamic, Holistic Approach to

Management Learning, Education and Development. Armstrong, S.J. & Fukami, C. (

Eds.) Handbook of Management Learning, Education and Development. London: Sage Publications

Kusmianti, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Eksperiential Learning terhadap konsep diri dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMU. Gane Swara, vol. 11, No. 2, pp 100-110.

Sharlanova V. 2004. Experiential Learning. Trakia Journal of Sciences, Vol. 2, No. 4, pp 36-39. Lumpkin Angela, R. M. 2014. student perception of active learning. college student hournal, 121-133.

Winterbottom, D. M. 2017. cambridge assesment international education. Retrieved from www.cambridgeinternational.org:http://www.cambridgeinternational.org/images/271174- active-learning.pdf


Article Metrics

Abstract view : 40 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ince Ince Prabu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118


Pembelajar terindex oleh:

   

 

 

 

 

Flag Counter

 

Creative Commons License

Pembelajar licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View PEBELAJAR Stats