Eksplorasi Wilayah Mungkajang Kota Palopo Sebagai Sumber Belajaran Geografi
(1) UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO
(2) UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i1.12007
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui didaerah mana saja pada wilayah Mungkajang yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar alam bagi para pelajar yang mendekatkan keilmuan pada ilmu geografi atau ilmu kebumian. Metode penelitian ini menggunakan pendeskripsian setiap lokasi yang dijadikan sebagai sumber belajar alam. Hasil penilitian ini menunjukkan tiga lokasi pembelajaran dialam membentang diwilayah Mungkajang, setiap lokasi memiliki deskripsi lokasi atau deskripsi tentang keadaan fisik pada lokasi tersebut. Deskripsi yang dilakukan ialah keadaan Morfologi, Geologi dan Hidrologi disetiap lokasi. Ketiga lokasi tersebut adalah Kelurahan Murante, Kelurahan Kambo dan Kelurahan Latuppa. Dijadikannya sebagai sumber belajar alam karena setiap lokasi ini memiliki sifat fisik yang dapat mewakili kawasan wilayah mungkajang. Alam sebagai sumber belajar memiliki manfaat yang lebih banyak baik terhadap pelajar atau siapa yang menjadi pengajar tersebut. Teori yang diterima dapat secara langsung dibuktikan dilapangan. Dan pelajar tidak hanya lagi dibatasi oleh ruang untuk sebuah pemahaman tentang keadaan bumi yang sebenarnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
(1) Aryadi, 2017. Kajian Zona Arahan Penggunaan Lahan Daerah Mungkajang, Kota Palopo. Lomba Karya Tulis Ilmiah 50 UNCP
(2) A Nurfalaq, A Jumardi. 2019. Identifikasi Batuan Bawah Permukaan Daerah Longsor Kelurahan Kambo Kota Palopo Menggunakan Metode Geolistrik Konfigurasi Dipole-Dipole. Jurnal Geocelebes 3 (2) 66-74
(3) Bintarto & Surastopo. 2002. Metode Analisa Geografi. Jakarta: LP3ES
(4) Budi Utomo Putra. A, 2011. Bentang Lahan Karst Bantimurung Kabupaten Maros Sebagai Media Sumber Belajar. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini tidak dipublikasikan.
(5) Feri Padli Dkk. 2017. Identifikasi Kemiringan Lereng Di Kawasan Pemukiman Kecamatan Mungkajang Berbasis Geographic Information Sistem. Prosiding Seminar Nasional. Vol 1. No (1)
(6) Prasad, Abd. Hallaf H. 2013. Mengamati Fenomena Geografi. Digna Pustaka: Yogyakarta
(7) Purwanto. 2009. Memanfaatkan Alam sebagai sumber belajar ‘Universitas Negeri Jakarta’.
(8) Purwanto. 2010. Model dan Pengembangan Desain Pembelajaran. Universitas Negeri Jakarta
(9) Indarto. 2013. Sistem Informasi Geografis. Graha Ilmu. Yogyakarta
Article Metrics
Abstract view : 303 times | PDF view : 117 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 ANDI JUMARDI HUSNI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Diterbitkan Oleh
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar
Email : pembelajar@unm.ac.id
Contak HP: 085299149118 / 081342252446
Pembelajar terindex oleh:
Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)