Eksplorasi Wilayah Mungkajang Kota Palopo Sebagai Sumber Belajaran Geografi

Andi Jumardi Husni(1*), Iin Karmila Karmila Putri(2),

(1) UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO
(2) UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i1.12007

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui didaerah mana saja pada wilayah Mungkajang yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar alam bagi para pelajar yang mendekatkan keilmuan pada ilmu geografi atau ilmu kebumian. Metode penelitian ini menggunakan pendeskripsian setiap lokasi yang dijadikan sebagai sumber belajar alam. Hasil penilitian  ini menunjukkan tiga  lokasi pembelajaran dialam membentang diwilayah Mungkajang, setiap lokasi memiliki deskripsi      lokasi atau deskripsi tentang keadaan fisik pada lokasi tersebut. Deskripsi yang dilakukan ialah keadaan Morfologi, Geologi dan Hidrologi disetiap lokasi. Ketiga lokasi tersebut adalah Kelurahan Murante, Kelurahan Kambo dan Kelurahan Latuppa. Dijadikannya sebagai sumber  belajar alam karena setiap lokasi ini memiliki sifat fisik yang dapat mewakili kawasan wilayah                          mungkajang. Alam sebagai sumber belajar memiliki manfaat yang lebih banyak baik  terhadap pelajar atau siapa yang menjadi pengajar tersebut. Teori yang diterima dapat secara  langsung dibuktikan dilapangan. Dan pelajar tidak hanya lagi dibatasi oleh ruang untuk sebuah pemahaman tentang keadaan bumi yang sebenarnya.


Keywords


Eksplorasi, Mungkajang, Sumber, Belajar, Geografi

Full Text:

PDF

References


(1) Aryadi, 2017. Kajian Zona Arahan Penggunaan Lahan Daerah Mungkajang, Kota Palopo. Lomba Karya Tulis Ilmiah 50 UNCP

(2) A Nurfalaq, A Jumardi. 2019. Identifikasi Batuan Bawah Permukaan Daerah Longsor Kelurahan Kambo Kota Palopo Menggunakan Metode Geolistrik Konfigurasi Dipole-Dipole. Jurnal Geocelebes 3 (2) 66-74

(3) Bintarto & Surastopo. 2002. Metode Analisa Geografi. Jakarta: LP3ES

(4) Budi Utomo Putra. A, 2011. Bentang Lahan Karst Bantimurung Kabupaten Maros Sebagai Media Sumber Belajar. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini tidak dipublikasikan.

(5) Feri Padli Dkk. 2017. Identifikasi Kemiringan Lereng Di Kawasan Pemukiman Kecamatan Mungkajang Berbasis Geographic Information Sistem. Prosiding Seminar Nasional. Vol 1. No (1)

(6) Prasad, Abd. Hallaf H. 2013. Mengamati Fenomena Geografi. Digna Pustaka: Yogyakarta

(7) Purwanto. 2009. Memanfaatkan Alam sebagai sumber belajar ‘Universitas Negeri Jakarta’.

(8) Purwanto. 2010. Model dan Pengembangan Desain Pembelajaran. Universitas Negeri Jakarta

(9) Indarto. 2013. Sistem Informasi Geografis. Graha Ilmu. Yogyakarta


Article Metrics

Abstract view : 303 times | PDF view : 117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ANDI JUMARDI HUSNI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats