Yayasan Pengkajian Pemberdayaan Masyarakat Sulawesi Selatan 1989-2017

Aulia Sari(1*), Muh. Saleh Madjid(2), Muh. Rasyid Ridha(3),

(1) Tetap Jaya Dalam Tantangan
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v5i3.8515

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Yayasan Pengkajian Pemberdayaan Masyarakat Sulawesi Selatan (YKPM) Sulsel adalah Non-governmental organizations (NGO) yang secara umum mengkaji terkait permasalahan-permasalahan sosial dan melakukan pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan pembangunan khususnya di Sulawesi Selatan. YKPM sendiri lahir dari realitas yang terjadi di wilayah Sulawesi Selatan, yakni kekangan pemerintah Orde Baru dari segi sosial dan ekonomi dimana sangat membutuhkan pengembangan dan pemberdayaan. Dengan kondisi sosial dan politik maka terbentuk YKPM dengan program-program terkait permasalahan-permasalahan sosial terkait partisipasi masyarakat, perempuan, anak, dan kondisi sosial yang membutuhkan pengkajian dan pengembangan. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan penelitian historis (Historical Research), yang terdiri atas beberapa tahapan yakni: (1) Heuristik, mengumpulkan tulisan tentang YKPM dari berbagai bentuk berita, arsip, profil dari YKPM, beberapa buku diantaranya: Taktik Politik Gratis (Audit Sosial Pendidikan dan Kesehatan Gratis Berbasis Komunitas di Kota Makassar), Meretas Kebijkan Program Pro Rakyat (pembelajaran Audit Sosial dan Partisipasi Warga dalam Pembangunan di Kota Makassar), Ketika Pembangunan Berpihak (Meretas Kebijakan Program Pro Rakyat), Menuju Masyarakat Partisipatif, dan Pengembangan Masyarakat wacana dan Pratik. (2) Kritik atau proses verifikasi keaslian sumber sejarah. (3) Interpretasi atau penafsiran sumber sejarah, dan (4) Historiografi, yakni tahap penulisan sejarah.

Kata Kunci :  Hak Asasi Manusia, Lembaga Swadaya Masyarakat, Yayasan Pengkajian Pemberdayaan Masyarakat


Full Text:

PDF

References


Arsip YKPM Sulsel. Profil Yayasan Pengkajian Pemberdayaan Masyarakat Sulawesi Selatan.

Firdaus, Dede Wahyu. Kebijakan Dwifungsi Abri Dalam Perluasan Peran Militer Di Bidang Sosial Politik Tahun 1966-1998. Jurnal UPI: Bandung.

Haryono. 1995. Mempelajari Sejarah Secara Efektif. Malang: Pustaka Jaya.

Maf’ul, M. Arsyad. Partai Politik pada Masa Orde Baru dan Orde Lama. Supremasi, Volume V Nomor 2 Oktober 2010. Universitas Negeri Makassar : Jurnal

Najering, R., 2018. Optimisme Ekonomi Nelayan di Tengah Pergolakan Politik Sulawesi Selatan 1954-1965. Jurnal Kajian Sosial dan Budaya: Tebar Science 2, 38–50.

Najering, R., Ridha, M.R., 2018. Orang Bugis dalam Silang Budaya Bahari di Pelabuhan Sunda Kelapa. Jurnal Kajian Sosial dan Budaya: Tebar Science 2, 25–37.

Rifal, 2017. Modernisasi dan Ekonomi Masyarakat Nelayan di Kampung Gusung Kotamadya Ujung Pandang Tahun 1954-1998. Universitas Indonesia, Depok.

Rifal, P., Sunarti, L., 2018. The impact of modernization on the economy for fishermen in Makassar City. Cultural Dynamics in a Globalized World.

Priyadi, Sugeng. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Rozak, Abdul dan Ubaedillah. Pancasila, Demokrasi, Ham dan Masyarakat Madani.

Soetrisno, Loekman.1995. Menuju Masyarakat Partisipatif. Yogyakarta: Kanisius

Sumarno, Perubahan Elektabilitas Partai Peserta Pemilu di Yogyakarta Tahun 1971-1999. Unesa: e Jurnal Pendidikan Sejarah.

Wirman Burhan. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan, Pancasila dan Undang- Undang Dasar 1945. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada


Article Metrics

Abstract view : 348 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL 

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Indexed by 


Licensed by 

Creative Commons License
Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Pattingalloang Stats

Flag Counter

style="text-align: center;

View