PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI PENERAPAN TEKNIK COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA KELAS XI IPS2 SMA NEGERI 5 MAKASSAR

Ni Putu Asri Utami(1*), Patahuddin Patahuddin(2),

(1) Penddikan Sejarah
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v2i1.8411

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah melalui penerapan model pembelajaran Course Review Horay di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) prosedur penelitian meliputi yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket motivasi belajar dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif.  Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Makassar pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2013/2014 dengan 30 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Course Review Horay menunjukkan adanya peningkatan dalam motivasi belajar sejarah, baik pada aktivitas guru dan siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari siklus I ke siklus II, yaitu persentase rata-rata hasil angket motivasi belajar Sejarah siswa dari 73,04% menjadi 82,59% atau berada dalam kategori tinggi

Kata Kunci: Peningkatan Motivasi Belajar, Penerapan Teknik Course Review Horay


Full Text:

 Subscribers Only

References


Arikunto, Suharsini. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asril, Zainal. 2011. Micro Teaching. Jakarta: Rajawali Pers.

Beni64.Wordpress.Com/2008/12/30/keterampilan-mengadakan-variasi-gaya- Mengajar/Course Review Horay. (Diakses tanggal 5 Desember 2013)

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: Publisher.

Dimyati, dan Mudjiono 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Dwitantra.blogspot.com. Model-Pembelajaran-course-review-horay. Di akses 17 November 2013

Fredy Kurniawan.2011. Penerapan metode Course Review Horay dan media video untuk meningkatkan pemahaman materi persiapan proklamasi kemerdekaan Republik Indondesia pada siswa kelas V SD Negeri III Bubukan tahun pelajaran 2011/2012. http// PGSD IKIP Universitas Sebelas Maret.ac.id//disk/367-941-a.pdf. diakses Selasa 28 April 2013

Haling Abdul 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Paizaluddin dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas (panduan Teoritis dan Praktis). Bandung: Alfabeta.

Pustaka Pandani. 2013. Model Pembelajaran Koperatif. http:// pustaka. Pandani. Web. Diakses 5 Desember 2013

Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putu Asri. 2013. Laporan Respon Siswa Kelas XI IPS 2, Terhadap Model Pembelajaran Course Review Horay. Sma Negeri 5 Makassar

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sahabuddin. 2003. Mengajar dan Belajar. Makassar: badan penerbit Universitas Negeri Makassar

Sahertian, Piet A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana

Sanjaya,Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sagala, Syaiful. 2010. Supervise Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAILKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Uno, Hamzah dan Nurdin Mohamad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara

Uno, Hamzah. 2009. Model Pembelajaran (menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif & Efektif). Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222. Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Jurnal Pattingalloang Indexed By

 

 

Jurnal Pattingalloang Telah Terakreditasi SINTA 5 Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Jurnal Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Flag Counter


View