PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS XII IPS SMA NEGERI I MANGKUTANA.

Ervan Budianto(1*),

(1) Tetap Jaya Dalam Tantangan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v1i1.823

Abstract


Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dimana dalam penelitian ini di laksanakan sebanyak dua siklus dan masing-masing siklus di laksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Prosedur penelitian yang di gunakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa keas XII IPS 6 SMA Negeri I Mangkutana yang berjumlah 28 siswa yag terdiri 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan, Tahun ajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar hal ini dapat di lihat dari hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I dan Siklus II. Hasil observasi pada siklus I pertemuan ke 1 diperoleh 58.33% berada dalam kategori rendah, pertemuan ke 2 diperoleh 70% berada dalam kategori sedang dan pertemuan ke 3 diperoleh75% berada dalam kategori tinggi, Sedangkan hasil observasi pada siklus II pertemuan ke 1 diperoleh 60% berada dalam kategori sangat sedang, pertemuan ke 2 diperoleh 83.33% berada dalam kategori tinggi dan pertemuan ke 3 diperoleh 91.66% berada dalam kategori sangat tinggi. Hasil angket yang diperoleh pada siklus 1 adalah skor total 2578 menghasilkan presentase rata-rata motivasi belajar 73.65% dengan kategori cukup sedangkan hasil angket pada siklus II diperoleh skor total  2898 dan menghasilkan presentase rata-rata motivasi belajar 82.8% berada dalam kategori tinggi.

 

Kata kunci : Motivasi Belajar, Pelajaran Sejarah dan Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri I Mangkutana


Article Metrics

Abstract view : 163 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222. Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Jurnal Pattingalloang Indexed By

 

 

Jurnal Pattingalloang Telah Terakreditasi SINTA 5 Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Jurnal Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Flag Counter


View