MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN PEMBENTUKAN PEMERINTAHAN INDONESIA PADA SISWA KELAS XII IPS1 SMA NEGERI 2 POLEWALI
Munira .(1*),
(1) Tetap Jaya Dalam Tantangn (*) Corresponding Author
Jenis dan metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPS1 SMA Negeri 2 Polewali pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan menggunakan media kartu merupakan suatu strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas XII IPS1 SMA Negeri 2 Polewali. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh hasil penelitian dari siklus I ke siklus II, yaitu skor rata-rata hasil angket motivasi belajar sejarah siswa dari 74,3% menjadi 82,75% atau berada dalam kategori tinggi. Peningkatan juga terdapat pada aktivitas siswa yang nampak dari hasil observasi siswa selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan aktivitas belajar siswa Kelas XII IPS1 SMA Negeri 2 Polewali melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan menggunakan media kartu mengalami peningkatan
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Pembelajaran Sejarah dan Siswa Kelas XII IPS1 SMA Negeri 2 Polewali
Article Metrics
Abstract
view : 225 times |
Refbacks
There are currently no refbacks.
Published by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222.