Pemikiran KH. Abdurrahman Ambo Dalle dalam Dunia Pendidikan

Murdiah murdiah(1*), Patahuddin Patahuddin(2),

(1) Guru SMPN. 02 Campalagian
(2) Dosen Pendidikan Sejarah FISH UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jp.v9i3.40364

Abstract


Gerakan pembaharuan Islam di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari sosok KH. Abdurrahman Ambo Dalle  melalui organisasi DDI. Hal ini dapat ditelusuri melalui sejarah awal dan perkembangan DDI yang ditunjukkan oleh ketokohan KH. Abdurrahman Ambo Dalle melalui  ide pembaharuan atau gerakan tajdid terkhusus dalam bidang pendidikan. Jurnal ini melihat ketokohan KH. Abdurrahman Ambo Dalle dari sisi pendidikan. Pembacaan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui  peran sang tokoh dalam peta peran pemikirannya dalam dunia pendidikan. Hal utama yang ingin dikaji dalam jurnal ini adalah korelasi ketokohan KH. Abdurrahman Ambo Dalle dan sistem pendidikan pesantren di Indonesia. Korelasi DDI dan Pesantren dikaji dengan menggunakan pembahasan model simplifikasi kategoris pada tiga indikator fungsi dan peran DDI, yaitu sebagai lembaga pendidikan dan pengembangan ajaran Islam, sebagai lembaga perjuangan dan dakwah Islamiyah, dan sebagai lembaga pemberdayaan dan pengabdian masyarakat. Dari ketiga kategori itulah dapat diketahui bahwa KH. Abdurrahman Ambo Dalle adalah sosok yang mampu merespon tantangan terkininya secara cepat dan tepat melalui gerakan tajdid (pembaharuan) dalam bidang pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat Indonesia.

 

  Kata Kunci: KH. Abdurrahman Ambo Dalle, Pendidikan, Dakwah

 

KH's thoughts. Abdurrahman Ambo Dalle in the World of Education Abtract

The Islamic renewal movement in Indonesia cannot be separated from the figure of KH. Abdurrahman Ambo Dalle through the DDI organization. This can be traced through the early history and development of DDI shown by the character of KH. Abdurrahman Ambo Dalle through the idea of renewal or the tajdid movement, especially in the field of education. This journal looks at the character of KH. Abdurrahman Ambo Dalle in terms of education. The reading is intended to determine the character’s role in the map of his thinking in the world of education. The main thing to be studied in this journal is the correlation of KH's characterbetweenAbdurrahman Ambo Dalle and the pesantren education system in Indonesia. The correlation between DDI and Pesantren is studied by using a discussion of the categorical simplification model on three indicators of the function and role of DDI, namely as an educational institution and the development of Islamic teachings, as an institution for Islamic struggle and da'wah, and as an institution for empowerment and community service. From the three categories, it can be seen that KH. Abdurrahman Ambo Dalle is a figure who is able to responcanatest challenges quickly and precisely through the tajdid (renewal) movement in the fields of education, da'wah, and empowerment of the Indonesian people.

Keywords: KH. Abdurrahman Ambo Dalle, Education, Da'wah

Full Text:

PDF

References


http://kemenagpolman.id/berita/detail/biografi-ag-kh-abdul-rahman-ambo-dalle-sang-ulama-pembaharu-dari-tanah-bugis

Abbas, Erjati. 2020. “Pembaharuan Pendidikan Perspektif Ahmad Dahlan.” Riayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan 5(02):214–27.

Abbas, Nurlelah. 2022. Eksistensi Ahli Sunnah Wal Jama’ah (Dalam Pemikiran Islam).

DDI, Majelis Syuyukh Pengurus Besar. 2022. Telaah Awal KeDDIan (Imbasan Pemikiran Tokoh DDI).

Eriyanti, Fitri. 2006. “Dinamika Posisi Identitas Etnis Tionghoa Dalam Tinjauan Teori Identitas Sosial.” Jurnal Demokrasi 5(1).

Iskandar, Iskandar. 2016. “Metode Wetonan (Mangaji Tudang) Sebagai Media Berdakwah Kh Abdurrahman Ambo Dalle Di Pondok Pesantren DDI Mangkoso.” KOMUNIDA: Media Komunikasi Dan Dakwah 6(2):1–21.

M Ishaq, M. Ishaq. 2018. “KH. Abdul Wahid Zaini Dan Pengembangan Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo.”

Muin, Mukrimah, and Najamuddin. M. Rasyid Ridha. 2021. “Peran K.H.Abdurrahman Ambo Dalle Pada Pesantren Darud Da’wah Wal Irsyad Mangkoso Di Barru, 1938-1949.” 19(1):55–67.

Nazaruddin. 2020. “Biografi AG KH Abdul Rahman Ambo Dalle Sang Ulama Pembaharu Dari Tanah Bugis.”

Nurhayati, Nurhayati. 2021. “Tritological Education in the Perspective of K. H Abdurahman Ambo Dale.” International Journal of Science and Research (IJSR) 10(12):1092–97.

Purnawati, Ida. 2019. “Peran AGH Abdurrahman Ambo Dalle Dalam Mengembangkan Syiar Islam Di Kaballangan Kab. Pinrang Tahun 1978-1996.”

Samad, H. Muh. 2014. “Pola Pemikiran KH Abd. Rahman Ambo Dalle Dan Implementasinya Tentang Manajemen Pendidikan Islam Dalam Lingkungan Darud Da’wah Wal-Irsyad (DDI).”

Samsir, Samsir. 2012. “Gerakan Pendidikan Dan Sosial Keagamaan Daarud Dakwah Wal-Irsyad (Ddi) Di Sulawesi Selatan.” Lentera: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi 14(1):145173.

Tajuddin, Muhammad Saleh, Muhamad Amar Mahmad, and Mohamad Khadafi Rofie. 2014. “The Role of Ulama for Developing Islamic Civil Society in the Bugis Community of South Sulawesi: A Historical Perspective.”


Article Metrics

Abstract view : 467 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL 

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Indexed by 


Licensed by 

Creative Commons License
Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Pattingalloang Stats

Flag Counter

style="text-align: center;

View