PENINGKATAN KREATIVITAS GURU SEJARAH DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MELALUI PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN

Nurhayati .(1*),

(1) Tetap Jaya Dalam Tantangn
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v4i2.3872

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas dan tingkat kemampuan guru sejarah dalam mengelolah kegiatan dan memanfaatkan media pembelajaran pada SMA Negeri 2 Takalar di Kabupaten Takalar. Penelitian ini merupakan kaji tindak berbasis kepengawasan atau Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan mengambil sampel tiga orang guru sejarah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melihat dokumen media pembelajaran yang dibuat oleh masing-masing guru, yaitu mulai dari persiapan, pembuatan, sampai pemanfaatan dari media tersebut, tingkat kreativitas guru dinilai dengan menggunakan instrument dengan skala likert. Data yang diperoleh, dianalisa dengan menggunakan statistic deskriptif yaitu table distribusi frekuensi, persentasi, dan grafik. Hasil penelitian ketiga orang guru sejarah menunjukkan : (a) pada responden pertama tingkat kreativitas mengajarnya ada peningkatan sebesar 4,48 persen. (b) responden kedua ada peningkatan sebesar 9,68 persen, dan (c) responden ketiga ada sebesar 7,94 persen.

Kata Kunci: Peningkatan Kreativitas Guru Sejarah, pengelolaan pembelajaran dan media pembelajaran

Full Text:

 Subscribers Only

Article Metrics

Abstract view : 159 times | XML view : 1 times PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL 

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Indexed by 


Licensed by 

Creative Commons License
Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Pattingalloang Stats

Flag Counter

style="text-align: center;

View