Pengembangan Media Pembelajaran Replika Berbahan Makanan Pada Materi Artefak Di Indonesia Untuk Siswa Kelas X Jurusan Tata Boga SMK Muhammadiyah 3 Singosari

Fahmi fahmi(1*), Slamet Sujud Purnawan Jati(2), Ronal Ridho'i(3),

(1) Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang, Indonesia
(2) Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang, Indonesia
(3) Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jp.v9i3.36738

Abstract


Permasalahan-permasalahan yang dialami oleh siswa SMK Jurusan Tata Boga di SMK Muhammadiyah 3 Singosari antara lain siswa merasa bosan dan mengantuk pada saat matapelajaran berlangsung. Selain itu perhatian terhadap guru minim sehingga mengakibatkan siswa memiliki aktivitas sendiri seperti bermain handphone saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Demi mengatasi permasalahan-permasalahan di atas, peneliti kemudian membuat Pengembangan Media Pembelajaran Replika Berbahan Makanan pada Materi Artefak prasejarah di Indonesia untuk Siswa Kelas X Jurusan Tata Boga SMK Muhammdiyah 3 Singosari. Pada penelitian dan pengembangan ini peneliti memakai model dari Sugiyono dengan 10 langkah-langkahnya. Replika berbahan makanan ini akan diuji kevalidan dan kelayakannya untuk digunakan dalam matapelajaran sejarah di sekolah. Media ini memperoleh persentase kevalidan materi sebesar 98% dan kevalidan media sebesar 100%. Kelayakan media pada uji kelompok kecil sebesar 91% dan kelayakan pada kelompok besar 91%. Dengan demikian media pembelajaran replika berbahan makanan dapat digolongkan sebagai media pembelajaran yang valid dan layak.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Replika Berbahan Makanan, Sejarah.

Development of Learning Media Made from Food Replicas on Artifact Materials in Indonesia for Class X Students in the Department of Culinary at SMK Muhammadiyah 3 Singosari

Abtract

The problems experienced by students of the Culinary Department at SMK Muhammadiyah 3 Singosari include students feeling bored and sleepy during the lessons. In addition, attention to the teacher is minimal, resulting in students having their own activities such as playing cellphones during learning activities. In order to overcome the problems above, The Researchers then Developed the Development of Food Replica Learning Media on Artifact prasejarah in Indonesia for Class X Students of the Culinary Department at SMK Muhammdiyah 3 Singosari. In this research and development, the researcher uses the model from Sugiyono with 10 steps. This culinary made replica will be tested for validity and suitability for use in history lessons at school. This media obtained a percentage of material validity of 98% and media validity of 100%. The feasibility of the media in the small group test was 91% and the feasibility in the large group was 91%. Thus the replica learning media made from culinary can be classified as a valid and appropriate learning media. 

Keywords : Learning Media, Food Replicas, History.

 


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Edisi Kedua. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Akbar, S. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Edisi Kelima. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Asih, D.R. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Promosi Statis di SMKN 1 Pengasih, (Online), (https://eprints.uny.ac.id/20109/), diakses 16 April 2022.

Eviyanti, S. 2010. Taman Budaya Kalimantan Tengah. E- Journal Uajy, 19–46.

Hamalik, O. 2103. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. 2002. Jakarta: Balai Pustaka.

Kochar, S. K. 2008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo.

Kuntowijoyo. 2013. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Noverita, W. A. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Replika Peta Budaya pada Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Kelas IV SD/MI di Bandar Lampung. E-Journal (Online),(http://repository.radenintan.ac.id/7638/1/SKRIPSI.pdf), diakses 16 Oktober 2021.

Nuryanti, Lilis dkk. 2016. Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan (Online),

(https://journal.um.ac.id/index.php.jptpp/article/view/10490/5163 ), diakses 23 Februari 2020.

Pranata, Yunina, Resmi dkk. 2017. Pengembangan Media Boneka Tangan Berbasis Digital Storytelling. Journal Pendidikan (Online), (https://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10332/4960), diakses 23 Februari 2020.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triastuti, Desty dkk. 2017. Pengembangan Media Papan Permainan Panjat Pinang. Jurnal Pendidikan (Online), (https://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10073/4801), diakses 23 Februari 2020.

Untari, E. 2017. Problematika Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Sekolah Dasar di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1), 259–270.

Wawancara:

Maghfirotus Syadi’yah, S.Pd (Guru Sejarah), wawancara tanggal 22 Juli 2020.

Syarifah Zahra Camila (Siswa), wawancara tanggal 22 Juli 2020.


Article Metrics

Abstract view : 263 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL 

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Indexed by 


Licensed by 

Creative Commons License
Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Pattingalloang Stats

Flag Counter

style="text-align: center;

View