KRL Rheostatik : Angkutan Kereta Listrik di Jabodetabek (1977 – 1988)

Ahmad Mulhaim Raichan(1), Humaidi Humaidi(2), Nur Aeni Marta(3*),

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jp.v9i2.31949

Abstract


Tulisan ini mengkaji sejarah pembangunan infrastruktur kereta api di Jabotabek pada masa Orde Baru yang dimana dari masa sebelum dan sesudahnya mengalami pasang – surut setiap perkembangannya. Kajian dalam artikel ini berisikan tentang dinamika peristiwa yang membawa perkembangan kereta api di Jabotabek dari zaman akhir Orde Lama hingga Orde Baru. Dimulai dari kondisi perkembangan perkeretaapian di Jabotabek pada era Orde Lama dan segala keterpurukannya hingga memasuki pergantian rezim pemerintahan menjadi Orde Baru yang menjadi tonggak sejarah perkembangan perkeretaapian dan dinamika sosial kawasan Jakarta dan sekitarnya. Pada masa Orde Baru dimulai dari pengembangan kawasan urban di Jabotabek, peremajaan sarana kereta api komuter Jabotabek, pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan kapasitas penumpang urban di Jabotabek dari pembangunan jalur ganda, pembangunan jalur layang, perluasan jaringan kereta api, pembangunan sarana pendukung, dan lain – lain. Selain itu dalam penulis juga akan menjelaskan perkembangan perkeretaapian yang dikembangkan dalam negeri seperti pembuatan kereta api listrik (KRL) dalam negeri yang dikembangkan oleh Industri Nasional Kereta Api (INKA) yang turut menjadi bagian dalam modernisasi sarana perkeretaapian di Jabotabek.

Full Text:

PDF

References


Blackburn, S. (2012). Jakarta: Sejarah

Tahun (R. Karunia (Ed.); Juni 2012). Jakarta: Masup Jakarta.

Fajarta, C. R. (2019, November 20). Pertumbuhan Penumpang KRL di Bodetabek Meningkat. Berita Satu.

Hanggoro, H. T. (2018, July 18). Tujuan Konsep Jabotabek Meleset? Historia.

Hanggoro, H. T. (2019a). Bus Pasar, Bus Kaum Pedagang. Historia. https://historia.id/urban/articles/bus- pasar-bus-kaum-pedagang-P94b5

Hanggoro, H. T. (2019c). Sebuah Keajaiban di Jakarta! Historia.

Hata, T. (2003). Improvement of Railway System in Jakarta Metropolitan Area. Japan Railway & Transport Review, 35, 36–44.

Irsyam, T. W. M. (2017). Berkembang dalam Bayang-Bayang Jakarta: Sejarah Depok 1950-1990-an. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Kereta Rel Listrik Jakarta-Bogor Mulai 2 September. (1976, August 30).

Kompas. No Title. (1994, April 8). Kompas.

Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta. (1977). Gita Jaya: Catatan H. Ali Sadikin, Gubernur Kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta 1966-1977 (S. Wirosardjono (Ed.)). Jakarta: PT Pangeran Djajakarta Offset.

PJKA Akan Bangun Jalur KA ke Cibinong. (1975, January 20). Berita Buana.

PT Inka Bermula dari Bengkel Lokomotif. (1987, October 20). Suara Karya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 152 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL 

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Indexed by 


Licensed by 

Creative Commons License
Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Pattingalloang Stats

Flag Counter

style="text-align: center;

View