Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah dengan Menggunakan Metode Problem Solving pada Siswa Kelas VII. 1 SMP Negeri 33 Makassar

Amirullah Amirullah(1), Muh Rasyid Ridha(2), Patahuddin Patahuddin(3*),

(1) Dosen Pendidikan Sejarah dan IPS Fakultas Ilmu Sosial Hukum Universitas Negeri Makassar
(2) Dosen Pendidikan Sejarah dan IPS Fakultas Ilmu Sosial Hukum Universitas Negeri Makassar
(3) Dosen Pendidikan Sejarah dan IPS Fakultas Ilmu Sosial Hukum Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jp.v8i2.21123

Abstract


Metode yang konvensional seperti menjelaskan materi secara abstrak, hafalan materi dan ceramah dengan komunikasi satu arah, yang aktif masih didominasi oleh pengajar, sedangkan siswa biasanya hanya memfokuskan penglihatan dan pendengaran. Kondisi pembelajaran seperti inilah yang mengakibatkan siswa kurang aktif dan pembelajaran yang dilakukan kurang efektif. Disini guru dituntut untuk pandai menciptakan suasana pembelajaran berbasis masalah yang mampu menggali pola pikir siswa sehingga siswa dapat terlibat secara aktif dalam mengikuti kegiatan belajar.Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar   sejarah   dengan menggunakan metode problem solving di SMP Negeri 33 Makassar? (b) Bagaimana peningkatan hasil belajar   Sejarah   yang terjadi pada siswa setelah pembelajaran dilaksanakan dengan metode problem solving?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan hasil belajar   Sejarah   setelah diterapkannya metode problem solving. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setian putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalh siswa kelas VII.1 SMP Negeri 33 Makassar. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (59,00), siklus II (81,42%), siklus III (85,40%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode Problem Solving dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar   Sejarah   Siswa SMP Negeri 33 Makassar, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran   Sejarah  .

Kata Kunci:   Sejarah  , Metode Problem Solving 

 Abstract

Conventional methods such as abstractly describing materials, memorizing materials and lectures with one-way communication, are actively still dominated by teachers, whereas students usually focus only on vision and hearing. It is these learning conditions that result in students being less active and learning less effective. Here teachers are required to be good at creating a problem-based learning atmosphere that is able to explore the mindset of students so that students can be actively involved in participating in learning activities. The problems to be examined in this study are: (a) How to improve the results of   sejarah   learning by using problem solving method in SMP SMP Negeri 33 MakassarRegency? (b) How does the improvement of   sejarah   learning outcomes occur in students after learning is implemented by problem solving method?. The purpose of this study is: (a) Want to know the improvement of sejarah   learning results after the implementation of problem solving method. This study uses action research as many as three rounds. Setian round consists of four stages, namely: design, activities and observations, reflections, and reflections. The target of this study was a grade VII.1 student at SMP Negeri 33 Makassar. The data obtained in the form of formative test results, observation sheets of teaching and learning activities.

From the results of the analysts obtained that students' learning outcomes improved from cycle I to cycle III, namely, cycle I (59.00), cycle II (81.42%), cycle III (85.40%). The conclusion of this study is that problem solving method can have a positive effect on the learning outcomes of   sejarah   Students of SMP Negeri 33 Makassar, and this learning method can be used as an alternative to  sejarah   learning.

Keywords:   sejarah  , Problem Solving Method


Full Text:

PDF

References


Ardiawan, I. K. N., & Wiradnyana, I. G. A. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Tindakan Kelas (Teori, Praktik, dan Publikasinya). Nilacakra.

Huda, M. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266.

Legiwati, N. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 3 Grati Satap Kabupaten Pasuruan. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan SEJARAH , 10(2), 294–309.

Mantili, M. (2017). Pengaruh peningkatan ketuntasan belajar SEJARAH melalui metode tanya jawab dan metode drill terhadap prestasi belajar kelas VIII di SMP Negeri 1 rungan barat kab. Gunung mas tahun ajaran 2013/2014. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 220–231.

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9–16.

Sulastiyo, S. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Biologi Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD: Efforts to Increase Student Learning Activities and Achievements in the Field of Biological Studies through the Implementation of the STAD Type Cooperative Learning Method. BIODIK, 5(2), 121–130.

Utami, C. D. K. B. (2019). Pengaruh Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar SEJARAH Perjuangan Melawan Penjajah Pada Siswa Kelas V SDN Bringinbendo 2 Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 4(1), 14–22.

Widati, R. S. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe “think-pair-share” untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas 1 sdn 1 josari kec. jetis kab. ponorogo tahun pelajaran 2012/2013. ARISTO, 4(2), 129–143.

Yunarni, Y., & Harsiwi, N. E. (2018). Metode Belajar Aktif Untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar SEJARAH Pada Siswa Kelas V SD. Musamus Journal of Primary Education, 49–60.

Yus, A. (2016). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Agama Islam melalui Metode Pemberian Tugas Belajar dan Resitasi Pada Siswa Kelas IV SDN 024758 Binjai Tahun Pelajaran 201. PTK-PAI: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas-Pendidikan Agama Islam, 7(2), 189–204.


Article Metrics

Abstract view : 159 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL 

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Indexed by 


Licensed by 

Creative Commons License
Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Pattingalloang Stats

Flag Counter

style="text-align: center;

View