Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Sejarah SMK Negeri 4 Bandar Lampung
(1) Prodi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Bandar Lampung
(2) Prodi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Bandar Lampung
(3) Prodi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Bandar Lampung
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jp.v7i2.14900
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pencapaian hasil belajar peserta didik mata pelajaran sejarah kelas X SMK Negeri 4 Bandar Lampung kurang optimal dilihat dari data yang didapatkan saat observasi, oleh sebab itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar sejarah kelas X SMK Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020. Model pembelajaran cooperative script melibatkan siswa secara langsung dalam menjelaskan materi dan setiap siswa memiliki bagian sendiri untuk menjelaskan materi, sehingga siswa aktif didalam kelas dan dapat memahami ide pokok materi dengan baik dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen, sampel dalam penelitian ini kelas X AK 3 (kelas eksperimen) dan X AK 4 (kelas kontrol). Pengumpulan teknik data yang dilakukan yaitu ada teknik pokok dan teknik pendukung yang terdiri dari studi pustaka, dokumentasi, dan observasi. Rumus statistik yang digunakan adalah thit. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thit 3,93 >2,00 ttab dan rata-rata hasil belajar siswa kelas X yang menggunakan model pembelajaran cooperative script adalah 72,26 lebih tinggi dibandingkan kelas yang menggunakan metode ceramah yaitu 61,37. Dengan demikian dapat disimpulkanbahwa ada pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah siswa kelas X semester genap SMK Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020.
Kata kunci: model pembelajaran cooperative script, hasil belajar
Abstract
The problem in this study is the results of the study of students of history class X in SMK Negeri 4 Bandar Lampung are not optimal viewed from the data obtained at the time of observation, therefore researchers are interested in conducting research on the cooperative learning model script for the learning outcomes of class X vocational high school Negeri 4 Bandar Lampung in the academic year 2019/2020. Cooperative script learning model involves students directly in explaining the material and each student has their own part to explain the material, so students are active in class and can understand the main ideas of the material well and are expected to improve learning outcomes. The research method used is experimental, the sample in this study was class X AK 3 (experimental class) and X AK 4 (control class). Data collection techniques carried out namely there are basic techniques and supporting techniques that consist of literature study, documentation, and observation. The statistical formula used is ttes. Based on the data analysis results obtained thit 3.93> 2.00 ttab and the average learning outcomes of class X students who use cooperative script learning models is 72.26 higher than classes using the lecture method that is 61 , 37. Thus it can be concluded that there is an influence of cooperative script learning model on learning outcomes in history subjects of class X in the even semester of SMK Negeri 4 Bandar Lampung in the academic year 2019/2020.
Keywords: Cooperative script learning model, learning outcomes
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati.(2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Efiana, Eka. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran langsung (Direct Instruction) Terhadap Hasil Belajar Sejarah SMA Negeri 2 Buay Bahuga Kabupaten Way Kanan.Skripsi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Bandar Lampung. Lampung: tidak diterbitkan
Huda, M. (2013).Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Istarani.(2011). 58 Model pembelajaran inovatif. Medan: Media Persada.
Kurniawan, P.W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran PPSI (Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional) Terhadap Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah. 3 (2).
Nova, M.H. 2018. Statistik II. BandarLampung: STKIP PGRI Bandar Lampung.
PR Indonesia. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.[Online].Tersedia:
https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf [Agustus 2016].
Sapriya.(2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto.(2018). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. .Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono.(2019). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Article Metrics
Abstract view : 328 times | PDF view : 41 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222.
Phone 082395232077
E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id
jurnalpattingalloang@gmail.com
Indexed by
Licensed by
Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pattingalloang Stats
style="text-align: center;