Pesantren At-Taqwa Bekasi: Perubahan Pola Pendidikan dari Tradisional Menuju Modern (1980-2010)

Samudra Eka Cipta(1*),

(1) UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jp.v7i2.13293

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana perubahan pola manajemen pendidikan di pesantren yang sebelumnya menerapkan sistem pendidikan tradisional (salafiyah) seiring dengan kebijakan pemerintah melalui Kementrian Agama pada tahun 1980-an mengubah pola pendidikan kearah modern  (khalafi). Perubahan pola pendidikan pesantren memiliki esensi untuk menjawab kebutuhan masyarakat sekitar terutama bidang sosial pendidikan kegamaan. Penelitian ini diangkat sebagai penulisan tugas akhir peneliti dalam mengkaji perkembangan pola pendidikan yang meliputi beberapa aspek khususnya kurikulum yang diterapkan di Pondok Pesantren At-Taqwa Bekasi.

Kata Kunci: Salafiyyah, Pesantren, At-Taqwa, Kurikulum

Abstract

This study examines how changes in education management patterns in pesantren that previously implemented a traditional education system (salafiyah) along with government policies through the Ministry of Religion in the 1980s changed the pattern of education towards a modern one (khalafi). Changes in the education pattern of pesantren have the essence to answer the needs of the surrounding community, especially the social sector of religious education. This research was appointed as the researcher's final assignment in assessing the development of educational patterns which includes several aspects, especially the curriculum applied at Pondok Pesantren At-Taqwa Bekasi.

Keywords: Salafiyyah, Islamic Boarding School, At-Taqwa, Curriculum

 


Full Text:

PDF

References


Derani, S. (2018). Ulama Betawi prespektif sejarah. Jurnal State University UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 19(2), 236

Dzulfikar, F. (2011). Modernisasi Pendidikan Islam Indonesia Studi Kasus: Pondok Pesantren At-Taqwa (1956-2000). [Online]. [Skripsi] Diaksesn dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/5202. 14 Maret 2020.

Fatah. (2011). Strategi Pondok pesantren AT-Taqwa putra Bekasi dalam penerapan komunikasi berbahasa Arab dan Inggris pada Santri.[Online]. [Skripsi]. Diakses http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3113. 4 Maret 2020.

Fathan. (2018). Pemikiran pendidikan KH. Noer Ali. Bekasi: Yayasan Mitra Insani

Humaidi. (2008). Pelaksnanaan Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Pusat AtTaqwa Bekasi. [Online]. [Skripsi]. Diakses dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/15898. 9 Maret 2020.

Ismaun, dkk (2006). Metodologi sejarah. Bandung: Asosiasi Pendidikan Sejarah.

Jahroni, J. (2016). Islamisasi Utara Pantai Jawa: Menelusuri Penyiaran Islam di Tanah Betawi. Jurnal Lektur Keagamaan. 14(1), 381

Kripendoff, Klaus. (1991). Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta: Rajawali Press, Terjemahan

Madjid, N. (1997). Bilik-Bilik Pesantren. Jakarta: Paramadina

Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: suatu kajian tentang unsur dan nilai sistem pendidikan pesantren. Jakarta: INIS.

Mukhibat, M. (2016). Meneguhkan Kembali Budaya Pesantren Dalam Merajut Lokalitas, Nasionalitas, Dan Globalsitas. Jurnal Sosial Budaya Dan Keislaman. 2(1), 180

Munawaroh, D. (1999). Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren. Jakarta: IAIN Syarif Hidayatullah

Muriah, S. (2000). Metodologi dakwah kontemporer. Yogyakarta: Mirah Pustaka

Nata, A. (1997). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarata : Logos Wacana Ilmu

Nirwana, N., Amirullah, A., & Bahri, B. (2019). Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru di Kabupaten Bone, 1970-2018. Jurnal Pattingalloang, 6(3), 66-77.

Rahardjo, D. (1988) Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta: LP3ES

Ronald, A. (1988). Manusia dan Rumah Adat Jawa. Yogyakarta: JUTA UGM

Shodiq. (2011). Pengembangan kurikulum pesantren. Pasuruan: Literasi Nusantara.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Takdir, M. (2018). Modernisasi Kurikulum Pesantren. Yogyakarta: IRCISOD

Wahid, A. (2001). Menggerakkan Tradisi: Esai-Esai Pesantren. Jakarta: LKIS

Wawancara dengan Nurul Anwar. 18 Februari 2020

Wawancara dengan Syafiuddin. 20 Februari 2020

Wawancara dengan Miftahuddin 17 Maret 2020

Zakhiyah & Khoir. A. (2016). Sistem Pembelajaran Tahfidh Al- Qur ’ an di Pondok Pesantren : Studi Naturalistik di Madrasah Aliyah At-Taqwa Ujung Harapan Bekasi. Jurnal Turats Pemikiran dan Peradaban Islam. 12(1), 42


Article Metrics

Abstract view : 182 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222. Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Jurnal Pattingalloang Indexed By

 

 

Jurnal Pattingalloang Telah Terakreditasi SINTA 5 Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Jurnal Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Flag Counter


View