Yayasan Pendidikan Islam Tompobulu, 1962-2010

Resky Ananda(1*), Mustari Bosra(2),

(1) Pendidikan Sejarah
(2) Pendidikan Sejarah
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v6i3.12166

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang, perkembangan, serta dampak keberadaan Yayasan Pendidikan Islam Tompobulu di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri atas empat tahapan yaitu: heuristik, kritik sumber, interpertasi, dan historiografi. Data untuk penelitian ini diperoleh dari situs resmi dari Badan Pusat Statistik Kecamatan Tompobulu, serta hasil wawancara dengan beberapa pihak yang berperan penting dalam Yayasan Pendidikan Islam Tompobulu. Beberapa sumber buku yang terkait dengan dengan kajian penulis yang diperoleh dari Perpustakaan Kota Makassar, Perpustakaan Umum Universitas Negeri Makassar, Perpustakaan Prodi Pendidikan Sejarah, serta beberapa situs di internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan Yayasan Pendidikan Islam Tompobulu memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan di Kecamatan Tompobulu. Yayasan ini berdiri sebagai solusi bagi masyarakat Tompobulu yang mengalami kendala dalam pendidikan. Seiring dengan berjalannya waktu, maka yayasan ini juga mengalami perkembangan mengikuti zaman, sehingga  madrasah-madrasah naungan Yayasan Pendidikan Islam Tompobulu mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain yang ada di Kabupaten Gowa, khususnya di Kecamatan Tompobulu. Yayasan ini memiliki peranan yang besar dalam mencerdaskan serta meningkatkan mutu perekonomian masyarakat Kecamatan Tompobulu.

 

Kata kunci : Yayasan, Pendidikan Islam, Tompobulu


Abstract

 

This research and writing aims to determine the background, development, and impact of the existence of the Tompobulu Islamic Education Foundation in Tompobulu District, Gowa Regency. This study uses a historical research method which consists of four stages, namely: heuristics, source criticism, interpretation, and historiography. Data for this study were obtained from the official website of the Central Statistics Agency of Tompobulu District, as well as the results of interviews with several parties who played an important role in the Tompobulu Islamic Education Foundation. Several book sources related to the study of writers obtained from the Makassar City Library, Makassar Public University Public Library, Historical Education Study Library, and several sites on the internet. The results of this study indicate that the existence of the Tompobulu Islamic Education Foundation has an important role in the world of education in Tompobulu District. This foundation stands as a solution for the people of Tompobulu who experience obstacles in education. As time goes by, the foundation also develops with the times, so that the Islamic Education Foundation Tompobulu madrassas are able to compete with other schools in Gowa Regency, especially in Tompobulu District. This foundation has a large role in educating and improving the economic quality of the people of Tompobulu Distric.

Keywords: Foundation, Islamic Education, Tompobulu


Full Text:

PDF

References


Anon., 2017. Badan Pusat Statistik. [Online]

[Accessed 11 Januari 2019].

Anon., 2017. Badan Statistik Kabupaten Gowa. [Online]

[Accessed 11 Januari 2019].

Anon., 2017. Badan Statistik Kabupaten Gowa. [Online]

[Accessed 11 Januari 2019].

Anon., 2019. https://id.wikipedia.org/wiki/Yayasan. [Online]

[Accessed 11 Januari 2019].

Data, A., 2001. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hamid, A. R., 2018. Pengantar Ilmu Sejarah. Makassar: Rayhan Intermedia.

Idris, M., 2018. Sarana dan Prasana Yayasan Pendidikan Islam Tompobulu [Interview] (27 September 2018).

Kosim, M., 2007. Sejarah Perkembangan Lembaga Pendidikan Guru Agama Islam Negeri Jenjang Pertama. Tadris, Volume 2, p. 88.

Marimba, a. D., 1984. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma'arif.

Muzakkir, 2015. Pendidikan Islam Masa Orde Lama dan Masa Orde Baru. Al-Fatih, p. 90.

Prasetya, R., 2012. Yayasan dalam Teori Praktik. Surabaya: Sinar Grafika.

Sahing, M. A., 2018. Kabupaten Gowa [Interview] (27 September 2018).

Sjamsuddin, H., 2012. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Wijaya, G., 2002. Yayasan di Indonesia Sesuatu Panduan Komprehensif. Jakarta: Elex Media Komputindo.


Article Metrics

Abstract view : 152 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222. Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Jurnal Pattingalloang Indexed By

 

 

Jurnal Pattingalloang Telah Terakreditasi SINTA 5 Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Jurnal Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Flag Counter


View