Perkembangan Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi (ATRO) Muhammadiyah Makassar, 1993-2018

nursyamsi Selfi(1*), MUstari Bosra(2), Bustan Bustan(3),

(1) Pendidikan Sejarah
(2) Universitas Indonesia
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v6i2.10414

Abstract


Penelitian bertujuan menguraikan sejarah dan perkembangan Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi (ATRO) Muhammadiyah Makassar, mengungkapkan latar belakang berdirinya, perkembangan tenaga pendidik, administrasi, mahasiswa,  kurikulum, sarana dan prasarana. Serta kontribusi ATRO Muhammadiyah kepada dunia pendidikan dan kepada masyarakat. Menggunakan metode historis dengan tahapan, heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian menunjukkan masih kurangnya tenaga rontgen khusunya di Kawasan Indonesia Timur. Awal berdirinnya tahun 1993, kampus ini bernama Akademi Penata Rontgen (APRO), kemudian pada tahun selanjutnya yakni pada tahun 1995 berubah menjadi Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi (ATRO) Muhammadiyah Makassar. ATRO Muhammadiyah Makassar mengalami perkembangan.Hal ini dapat dilihat dari perkembangan sarana dan prasarana, tenaga pendidik, tenaga administrasi dan mahasiswa. Kontribusi yang diberikan ATRO Muhammadiyah Makassar yaitu memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menempuh Pendidikan Tinggi Kejuruan dibidang Radiologi.Selain itu lulusan ATRO Muhammadiyah Makassar bekerja di Instansi milik pemerintah maupun Swasta

Kata kunci : Kampus, Radiologi, dan Muhammadiyah


Full Text:

PDF

References


Akib, H. (2009). Dasar dasar teori organisasi. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Baihiqi, M. (2013). Enisklopedia Tokoh Pendidikan. Bandung: Nuansa Cendekia.

Damami, M. (2000). Akar Gerakan Muhammadiyah. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Daulay, H. P. (2007). sejarah pertumbuhan dan pembaruan pendidikan islam. Jakarta: Kencana.

Djamas, N. (2009). Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia Pasca Kemerdekaan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Faisal, S., & Waseo, M. G. (1982). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Ihsan, F. (1997). Dasar Dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kuntowijoyo. (2005). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang.

Madjid, M. S. (2008). Pengantar Ilmu Sejarah. Makassar: Rayhan Intermedia.

Madjid, M. S. (2008). Pengantar Ilmu Sejarah Makassar. Makassar: 2008.

Mohammad, A. (2016). Membeda Tujuan Pendidikan Muhammadiyah. Jurnal Studi Islam, 43-56.

Mohammad, A. (2016). Membedah Tujuan Pendidikan Muhammadiyah. Jurnal Studi Islam, 44.

Purba, A. I., & Ponirin. (2013). Perkembangan Amal Usaha Organisasi Muhammadiyah di Bidang Pendidikan dan kesehatan. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA, 101-111.

Purba, I. A., & Ponirin. (2013). Perkembangan Amal Usaha Muhammadiyah di bidang Pendidikan dan Kesehatan. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 110.

Rohmansyah. (2017). Kuliah Kemuhamdiyaan. Yogyakarta: LP3m.

Saleh, A. R. (2004). Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sjamsuddin, H. (2012). Metodologi Sejarah. Ombak: 2012.

Subari. (2019, Maret 6). Wawancara.​

Sumanto. (1995). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Sunanto, M. (2012). Sejarah Peradaban Islam Indonesia. Jakarta: PT Grafindo.

Zuhairaini. (1997). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 396 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222. Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Jurnal Pattingalloang Indexed By

 

 

Jurnal Pattingalloang Telah Terakreditasi SINTA 5 Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Jurnal Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Flag Counter


View