HUBUNGAN IDEOLOGI DAN KURIKULUM DALAM DIVERSIFIKASI PENDIDIKAN (GURU) MUSIK DI KOTA MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/p.v9i2.66214
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh ideologi dominan dalam kurikulum pendidikan musik di Makassar, yang cenderung mengutamakan musik barat dan mengabaikan musik tradisional lokal seperti Bugis dan Makassar. Dengan menggunakan teori ideologi Slavoj Zizek, penelitian ini menunjukkan bahwa globalisasi dan modernisasi menyebabkan homogenisasi kurikulum musik, menganggap musik barat lebih prestisius. Ditekankan pentingnya diversifikasi kurikulum untuk mengakomodasi musik lokal, sehingga siswa dapat mengembangkan kreativitas dan identitas musik mereka. Kesimpulannya, perubahan kurikulum yang inklusif akan meningkatkan apresiasi terhadap musik lokal dan membuka ruang untuk keberagaman budaya dalam pendidikan musik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Djau, Nurmala Sari. (2019). Analisis Problematika Guru Seni Budaya (Seni Musik) dalam melaksanakan Mata Pelajaran Seni Budaya di SMA Negeri Pontianak. Indonesia Journal of Basic Education.
Fairclough, Norman. (1995). Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language. London: Longman.
Finney, J. (2011). John Paynter, Music Education and The Creativity of Coincidence. British Journal of Education.
Freire, Paolo. (2019). Pendidikan Kaum Tertindas. Penerbit Narasi.
Gerogii Hemming, E. (2013). The Professional Knowledge of Music Teachers: Previous and Future Research. In Nordic Network for Research in Music Education Bergen.
Henderson, M. L. (2014). "Education and the Globalization of Music: The Influence of Western Music Ideology on Education Systems." International Journal of Music Education.
Kapoyos, J.R. (2020). Paradigma Pendidikan Seni Melalui Ideologi Liberal dan Ideologi Konservatif alm menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik. https://doi.org/10.24036/musikolastika.v2i1.38.
Kurniawan, Rahmat. (2023). Instrumen Tiup Puik-Puik dalam Perspektif Ekomusikologis: Pedagogis, Alam, dan Budaya. Jurnal Selonding Etnomusikologi: Yogyakarta. DOI: https://doi.org/10.24821/sl.v19i2.10761.
Latuheru, C, R. (2019). Efektivitas Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam Pembelajaran Seni Musik pada SMP 4 Negeri Ambon Maluku. Deskovi: Art and Design Journal, 2(1). https://doi.org/10.51804/deskovi.v2i1.405.
O’Neil, W.F. (1990). Educational Ideologies: Contemporary Expressions of Educational Philosophy. Dubuque, lowa: Kendall / Hunt Publishing Company.
Puncreobutr, V. (2016). Education 4.0: New Challenge of Learning. St. Theresa Journal of Humanities and Social Sociences.
Riyadi, L., & Budiman, N. (2023). Capaian Pembelajaran Seni Musik pada Kurikulum Merdeka Sebagai Wujud Merdeka Belajar. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik. Https://Doi.Org/10.24036/Musikolastika.V5i1.104.
Tardif, M. (2013). Elementary and Secondary School Teachers Vis-à-vis Knowledge: Some Sociohistorical Consideration About the Problem of Teaching Knowledge. Scinece of Journal Education. https://doi.org/10.11648/j.sjedu.20130105.18.
Turino, & Budiyanto, A. (2023). Buku Panduan Guru Seni Musik: Kita dan Musik Kelas XI Rizka (Ed.), pustaka.sma10pdg.sch.id (Cetakan Pertama Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://pustaka.sma10pdg.sch.id/wp-content/uploads/2023/01/Seni-Musik-BG-KLS-XI.pdf.
Triyanto. 2017. Spirit Ideologi Pendidikan Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.
Weis, L., Cameron McCarthy, and Greg Dimitriadis. (2006). Ideology, curriculum, and the new sociology of ducation: revisiting the work of Michael Apple. New York: Routledge.
Zizek, S. (2008). In Defense of Lost Causes. Verso.
Article Metrics
Abstract view : 55 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JURNAL PAKARENA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Program Studi Pendidikan Sendratasik
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: pakarena@unm.ac.id
Jurnal Pakarena dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .
Index by