EXPERIENCE AND EDUCATION JOHN DEWEY SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PENDIDIKAN SENI DI INDONESIA
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Faculty of Music and Performing Arts, Sultan Idris Education University, Malaysia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/p.v9i2.63645
Abstract
Tulisan ini dilatar belakangi dengan fenomena-fenomena yang terjadi pada keterasingan pendidikan seni di Indonesia. Berangkat dari fenomena tersebut, pemikiran atau pandangan filsuf barat yaitu John Dewey dengan pandangan experience and education cukup membuat patungk jika dijadikan sebagai upaya penguatan pendidikan seni. Dewey beranggapan bahwa hal yang mempengaruhi keberhasilan itu ialah memahami bagaimana pengalaman yang dirasakan oleh peserta didik, dengan demikian seorang pengajar dapat menyesuaikan terkait keberlangsungan belajarnya. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui library research. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tawaran dari pandangan John Dewey terkait dengan experience and education, dapat dipertimbangakan pada keberlangsung pendidikan seni di Indonesia. Dapat dilihat dari masyarakat Bali secara tidak langsung memberikan pengalaman primer kepada anak-anak sebelum mereka mempelajari lebih dalam kesenian yang ada.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Costa-Lopes, V. da, & Cunha, M. V. da. (2020). John Dewey: the search for a rhetoric pedagogy. SEÇÃO: ARTIGOS, 46, 0–2. https://doi.org/10.1590/s1678-4634202046218071
Dewey, J. (1938). Experience and Education. Toronto: Collier-MacMillan Kanada Ltd.
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.
Freire, P. (1999). Politik Pendidikan Kebudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan. Yogyakarta: READ (Research, Education, and Dialogue) Bekerjasama dengan PUSTAKA PELAJAR.
Gabrison, J., Neubert, S., & Reich, K. (2012). Jhon Dewey Philosophy Of Education An Introduction And Recontextualization For Our Times. New York: Palgrave Macmillan.
Hasbullah. (2020). Pemikiran Kritis John Dewey Tentang Pendidikan (Dalam Perspektif Kajian Filosofis). Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1–21.
Paramita, R. (2020). Merdeka Belajar dalam Pendidikan Seni untuk Meningkatkan Kreativitas. Seminar Nasional Seni Dan Desain 2020, 157–162. https://www.neliti.com/publications/333159/
Shodik, A. (2021). Merdeka Belajar: Menurut Perspektif John Dewey. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 2(8), 206–217. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288
Siswadi, G. A. (2023). Telaah Atas Pemikiran Henry Armand Giroux Tentang Pedagogi Kritis Dan Relevansinya Dengan Pengembangan Sistem Pendidikan Di Indonesia. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 6(1), 22. https://doi.org/10.55115/bhuwana.v6i1.2796
Wasitohadi, W. (2012). Pragmatisme, Humanisme Dan Implikasinya Bagi Dunia Pendidikan Di Indonesia. Satya Widya, 28(2), 175. https://doi.org/10.24246/j.sw.2012.v28.i2.p175-190
https://balitribune.co.id/content/edukasi-warga-ogoh-ogoh-dibuat-dari-barang-bekas-ramah-lingkungan
https://www.nusabali.com/berita/135834/murid-sd-pgri-denpasar-buat-ogoh-ogoh-di-sekolah
https://dewatapos.com/membuat-dan-mengarak-ogoh-ogoh-kreasi-daur-ulang-siswa-sd-negeri-2-pegadungan/
Article Metrics
Abstract view : 25 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JURNAL PAKARENA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Program Studi Pendidikan Sendratasik
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: pakarena@unm.ac.id
Jurnal Pakarena dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .
Index by