TARI TOPENG INDRAMAYU SEBAGAI SUMBER INSPIRASI PADA PERANCANGAN VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER ANAK
(1) pascasarjana institut seni budaya indonesia bandung
(2) pascasarjana institut seni budaya indonesia bandung
(3) pascasarjana institut seni budaya indonesia bandung
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/p.v9i2.62784
Abstract
ABSTRAK
Riset ini bertujuan untuk mengejawantahkan perancangan video animasi yang terinspirasi dari tari Topeng Indramayu, hal ini dibangun atas dasar pembentukan karakter seorang anak usia dini karena, dengan perkembangan teknologi sangat signifikan dampaknya terhadap pergeseran karakter dalam kehidupan sehari-hari. Anak lebih menikmati teknologi seperti hp, tv, youtube, tiktok dan anak-anak cenderung lebih beranimo dengan dunianya tanpa bersosialisasi dengan yang lain. Artinya semakin cepat teknologi itu diserap dan dikonsumsi dengan bebas maka akan mempengaruhi tabiat dan pola pikir. Riset ini menggunakan metode kualitatif untuk menelisik fenomena teknologi bagi karakter anak-anak, studi literatur, observasi dan dokumentasi dapat menambah evidensi untuk membuat inovasi perancangan video animasi kisah Kerta dan Rowa yang di adaptasi dari tari topeng Indramayu sebagai sumber gagasan, lima karakter tari topeng Indramayu yaitu topeng Panji, Pamindo, Rumyang, Tumenggung dan Klana serta menggunakan pendekatan psikologi sosial, dengan menggunakan teknologi sebagai media baru yang banyak disukai anak-anak. Menariknya bentuk kemasan dan mudah dipahami baik dari bentuk visual maupun bahasa yang digunakan. Lewat media tersebut diharapkan dapat membentuk karakter atau kepribadian seorang anak yang lebih baik.
ABSTRACT
This research aims to realize the design of an animated video inspired by the Indramayu Topeng dance. This is built on the basis of the character building of an early childhood because, with the development of technology, the impact on character shifts in everyday life is very significant. Children enjoy technology more, such as cellphones, TV, Youtube, TikTok and children tend to be more interested with their world without socializing with others. This means that the faster the technology is absorbed and consumed freely, it will affect behavior and mindset. This research uses a qualitative method to examine the phenomenon of technology for children's characters, literature study, observation and documentation can add evidence to create an innovative video animation design for the story of Kerta and Rowa adapted from Indramayu mask dance as a source of ideas, five Indramayu mask dance characters namely Panji, Pamindo, Rumyang, Tumenggung and Klana masks and using a social psychology approach, using technology as a new media that many children like. The interesting form of packaging and easy to understand both from the visual form and the language used. Through this media, it is hoped that it can shape the character or personality of a better child.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifianto, S. (2018). Praktik budaya media digital dan pengaruhnya. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Chabib, S., & Wahyu, P. (2013). Pembuatan Film Animasi Pendek “Dahsyatnya Sedekah” Berbasis Multimedia Menggunakan Teknik 2D Hybrid Animation Dengan Pemanfaatan Graphic. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 1(1), 387-398.
Chandra, R., Ardianto, D. T., & Srisanto, E. (2017). Perancangan Video Animasi Kisah Orang Samaria Yang Baik Hati Untuk Anak Usia 10-13 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 1(10), 7.
Djalle, Z. G., Purwantoro, E., & Dasmana, D. (2006). The Making of 3D Animation Movie Using 3DStudioMax. Bandung:Informatika.
Feist, J., & Feist, G. J. (2010). Teori kepribadian buku 2 edisi 7. Jakarta: Salemba Humanika.
Haruna, I., Jaeni, W., & Saleh, S. (2023). ―Pajaga Bone Balla Dance As Ethno Pedagogy In Luwu Society, South Sulawesi‖. Jurnal Pakarena, Jurnal Pakarena, 8(1) 37-48.
Istianti, T., Halimah, L., AM, M. A., & Fauziani, L. (2023). The Role of Parents in Improving the Social Emotional Development of Early Childhood: A Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan Progresif, 13(3), 1074-1088.
Kadir, A., & Hidayat, A. (2019). Peran Orangtua dalam Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Pendidikan Anak. Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019.
Li, J. (2021). Pirate cosmopolitanism and the undercurrents of flow: Fansubbing television on China’s P2P networks. In Transnational Convergence of East Asian Pop Culture (pp. 127-146). Routledge.
Mu'minin, U., Apriliana, S., & Septiana, N. (2022). Konsep dan Karakteristik Psikologi Behaviorisme. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 8(2), 115-126.
Murgiyanto, S. (2004). Tradisi dan inovasi: beberapa masalah tari di Indonesia. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
Nurabdiansyah, Dkk. (2024). Artistic Communication Bullying The Concept Of Alienation In Prusdianto's Tania Andi Theater Performance. Jurnal Pakarena, 9(1), 20-34.
Prabowo, N. A. (2014). Perancangan Animasi Dongeng untuk Pendidikan Anak Usia Dini Guna Melatih Kecerdasan Moral dan Linguistik. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 2(2), 487113.
Prakoso, G. (2010). Animasi: Pengetahuan Dasar Film Animasi. Jakarta: Penerbit Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta.
Prasetyo, L. D., Moniharapon, S., & Loindong, S. (2017). Pengaruh faktor-faktor segmentasi demografis dan segmentasi psikografis terhadap keputusan pembelian pada Matahari Department Store Mtc Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).
Purnamasari, D., Ardianto, D. T., & Erandaru, E. (2013). Perancangan Film Animasi 2D sebagai Media Bantu Pembelajaran Tradisi Lisan Parikan Jawa. Jurnal DKV Adiwarna, 1(2), 12.
Ridwan, Aang. (2016). Komunikasi Antar Budaya. Bandung: Cv. Komunikasi Antarbudaya.
Rogers, E. M., Singhal, A., & Quinlan, M. M. (2014). Diffusion of innovations. In An integrated approach to communication theory and research (pp. 432-448). Routledge.
Rulli, N. (2015). Media sosial perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Sari, S. Y. (2019). Eksistensi keluarga dalam pembentukan karakter anak usia dini. Primary Education Journal (Pej), 3(1).
Setyawan, T., Juniadi, M. N., & Rosyidi, A. (2017). Film Animasi 2 Dimensi Dengan Judul Andi Tema: Sikap Dan Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah IT CIDA, 3(1).
Suanda, Toto Amsar, Risyani dan Lalan Ramlan. (2015). Menjelajahi Topeng Jawa Barat. Bandung: Dinas Pariwisata Kebudayaan Bandung.
Suanda, Toto Amsar. (2009). Tari Topeng Cirebon ``sebagai bahan ajar mata kuliah topeng Cirebon program S1 Tari”. Bandung: STSI.
Sukma, I. (2020). Pergeseran Fungsi Kesenian Senjang Pada Masyarakat Musi Banyuasin Sumatera Selatan; Antara Tradisi Dan Modernisasi Dalam Arus Globalisasi. Jurnal Pakarena, 4(2), 1-8.
Valenciana, C., & Pudjibudojo, J. K. K. (2022). Korean Wave; Fenomena budaya pop Korea pada remaja milenial di Indonesia. Jurnal Diversity, 8(2), 205-214.
Yulisa, D., Wastap, J. B., & Saleh, S. (2023). Tirakat Dalam Laku Spritual Dalang Topeng Indramayu. PANTUN: Jurnal Ilmiah Seni Budaya, 8(1), 1-14.
Article Metrics
Abstract view : 29 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JURNAL PAKARENA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Program Studi Pendidikan Sendratasik
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: pakarena@unm.ac.id
Jurnal Pakarena dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .
Index by