MAKING VIOLIN LEARNING VIDEOS IN THE CONTEXT OF INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY

Sagaf Faozata Adzkia(1*),

(1) ISI Yogyakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/p.v6i2.23709

Abstract


Penulisan artikel ini terdiri dari dua poin pembahasan, yang pertama mendeskripsikan proses pembuatan video pembelajaran violin, dan yang kedua adalah analisis Video Pembelajaran Violin Dalam Konteks Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Tahapan dan metode yang dilakukan diantaranya, menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di prodi pendidikan musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Pemilihan sampel penelitian dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif. Hasil Pembahasan : Pembuatan video dibagi menjadi 3 kegiatan utama yaitu: 1) kegiatan pembuka berisikan teks judul, salam pembuka, perkenalan diri pemateri, dan penyampaian isi materi pembelajaran secara singkat; 2) kegiatan inti berisikan pengenalan bagian-bagian instrument violin, cara memegang violin yang sesuai, penyampaian teknik gesekan detache, staccato, legato, dan spiccato; 3) kegiatan penutup berisikan salam penutup, ucapan terimakasih dan credit title.  Implikasi: Pembelajaran sudah selayaknya ditumbuhkan melalui pemenuhan inovasi dari seorang pengajar. Langkah pembuatan video pembelajaran violin dibuat sejalan dengan sistem pendukung keputusan yang bermanfaat sebagai upaya terwujudnya kemajuan pendidikan.

 


Keywords


video; pembelajaran; violin

Full Text:

PDF

References


___________. (2006). Statements of Learning for Information and Communication Technologies (ICT). Managed by Australian Education Systems Officials Committee (AESOC) on behalf of the Ministerial Council on Education, Employment, Training and Youth Affairs (MCEETYA), and developed by Curriculum Corporation.

Aka, Kukuh. (2017). “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar Di Sekolah Dasar” Jurnal ELSE (Elementary School Education Journal). Vol.1(2). 28-37. PGSD FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Diunduh pada 2 September 2020.

De Fretes. (2016). Soundscape: Musik dan Lingkungan Hidup. Jurnal Promusika. Vol.4(2). 117-122. Jurusan Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Echenique, Eliana E. Gallardo-, de Oliveira, Janaina Minelli., Molias, Luis Marqués-, Mon, Francesc Esteve-.(2015). “Digital Competence in the Knowledge Society”. MERLOT Journal. Vol. 11(1). Merlot Journalof Online Learning and Teaching.

Li. Y. J. & Shieh. J. C. (2016). A study on the effects of multiple goal orientation on learning motivation and learning behaviors. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(1), 161-172.

Lippman, E. A. (1999). The philosophy & aesthetics of music. Introduction by Christopher Hatch. Lincoln and London: Uniersity of Nebraska Press.

M. Suyanto. 2003. Multimedia: alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Yogyakarta: Andi Offset.

Moleong, L. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahardian, Dian. 2017. “Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dan Kompetensi Teknologi Pembelajaran Untuk Pengajaran Yang Berkualitas”. Jurnal JTEP. Vol. 2(1). 234-254. STKIP Garut.

Rohidi, T R. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: CV Cipta Prima Nusantara.

Saputra, Eka. 2017. Teknik Bermain Biola Di Warna Harmoni Orchestra (Who)

Pekanbaru Provinsi Riau. Jurnal KOBA. Vol 4(2). 32-40. Sendratasik Universitas Islam riau.

Silverman, M. (2007). Musical interpretation: philosophical and practical issues. In Sagepub International Journal of Music Education.

Sofyana & Abdul. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Vol. 8(1). Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun.

Sonmez, D. & Can, M. H. (2012). Videos as an instructional tool in pre service science teacher education. Eurasian Journal of Education Research, 46, 141-158.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Syaifulloh, Darwis. (2020). Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bidayatuna. Vol. 3(2), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Usman. Jamiludin. 2017. “Pengelolaan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Mendukung Kinerja Layanan Pendidikan di STAIN Pamekasan”. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi. Vol.1(2). 79-92. Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan.

Website: http://www.curriculum.edu.au. Diunduh pada 2 September 2021.

Website:https: //journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0255761407079950.

Woolfolk, A. (2009). Educational psychology active learning edition. Boston: Pearson Education, Inc.

Yoon, O. J. & Kim. M. (2011). The effects of captions on deaf students content comprehension, cognitive load, and motivation in online learning. American Annual of The Deaf, 156(3), 283-289.


Article Metrics

Abstract view : 132 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAKARENA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Program Studi Pendidikan Sendratasik
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar

Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung 
Jl.
Daeng Tata Makassar 90224

E-mail: pakarena@unm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pakarena  dilisensikan di bawah  Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .

Index by