PERGESERAN FUNGSI KESENIAN SENJANG PADA MASYARAKAT MUSI BANYUASIN SUMATERA SELATAN “ANTARA TRADISI DAN MODERNISASI DALAM ARUS GLOBALISASI”

Irawan Sukma(1*),

(1) STKIP Muhammadiyah OKUT
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/p.v5i2.15561

Abstract


Abstrak

Artikel ini berkeinginan untuk memahami aspek-aspek yang melatar belakangi bagaimana suatu kesenian tradisi yaitu Kesenian Senjang yang berasal dari Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan dikadikan sebagai sarana Propaganda sehingga mengalami pergeseran fungsi. Oleh karena itu artikel ini berusaha menjelaskan pergeseran fungsi yang dimaksud yang awalnya Kesenian Senjang digunakan sebagai sarana hiburan menjadi sarana propaganda untuk menyampaikan misi tertentu dari pengguna jasa Kesenian Senjang. Selain itu menjelaskan Kesenian Senjang dalam konteks sosial-budaya masyarakat Musi Banyuasin, mendeskripsikan bentuk Kesenian Senjang, pemaknaannya sampai pada fungsinya.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tekhnik analisis interpretasi dan pendekatan kebudayaan, dan oleh karena itu menggunakan data kualitatif di mana peneliti sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Sumber data yang menjadi sasaran penelitian adalah visual penyajian Senjang dan rekaman audio visual Senjang di Sekayu ibukota kabupaten Muba. Selain itu metode etnografi juga digunakan dengan pendekatan emik dan etik guna menemukan permasalahan yang sebenarnya terjadi.

Senjang Musi Banyuasin adalah subjek utama dari penelitian ini, dengan menggunakan metode kualitatif interpretatif dalam pengolahan data, menganalisis keberlangsungan Senjang dari masa ke masa yang mengalami perubahan baik bentuk maupun fungsinya. Senjang yang pada awal keberadaannya memiliki bentuk yang sederhana tanpa instrumen musik, terus bergerak dan berkembang mengikuti arus zaman sampai pada era saat ini. Tampilan Senjang sudah lebih pada komersial tergantung keinginan pengguna jasa. Fungsi Senjang dimanfaatkan sebagai media propaganda bagi penguasa. Senjang masih eksis dan memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat kabupaten Musi Banyuasin.


Keywords


Senjang, pantun, instrumen, propaganda.

Full Text:

PDF

References


Boskoff, Alvin, “Recent Theories of Social Change” dalam Werner J. Chanman dan Alvin Boskoff (ed), Sociology and History: Theory and Research. London: The Free Press of Glencoe. 1964.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Direktori Kesenian Sumatera Selatan, Palembang, Sumatera Selatan. 2006

G. Tan, Melly, Etnis Tionghoa di Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. 2008.

Hauser, Arnold, The Sociology of Art. Transled by Kenneth J.Northcott. Chicago and London: The University of Chicago Press. 1974.

Langer, K.Suzanne, “Problematika Seni”. Terjemahan fx. Widaryanto.STSI Bandung, Sunan Ambu Press. 2006.

Murtana, I Nyoman, Seni & Politik. Surakarta: ISI Press. 2010

Ratna, Nyoman Kutha, Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Denpasar: Pustaka Pelajar. 2010.

Slamet MD, Barongan Blora, Menari di atas Politik dan Terpaan Zaman. Surakarta: Citra Sains. 2012.

Supanggah, Rahayu, “Musik Bambu Banyumasan”, Laporan Penelitian untuk The Ford Foundation. Jakarta. 1981.

____________________, Bothekan Karawitan I. Jakarta. Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia. Dan Bothekan Karawitan II Garap. 2002. ISI Press Surakarta. 2002.

Suparno, T. Slamet, Seni Sebagai Produk Masyarakat Ataukah Masyarakat Sebagai Produk Seni, Pidato Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Sosiologi Seni. Surakarta: ISI Press Solo. 2008.

Satriadi. Pamor Kawali dalam masyarakat Bugis. Jurnal Gelar: Seni Budaya. Vol 5 nomor 1, tahun 2017. ISI Surakarta.

___________________, Pakeliran Wayang Purwa, dari Ritus sampai Pasar. Surakarta: ISI Press Solo. 2009.


Article Metrics

Abstract view : 1085 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PAKARENA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Program Studi Pendidikan Sendratasik
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar

Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung 
Jl.
Daeng Tata Makassar 90224

E-mail: pakarena@unm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pakarena  dilisensikan di bawah  Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .

Index by