Reception Learning: Proses Pembelajaran Vokal pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Purwa Caraka Musik Studio Semarang

Setiorini Rahma Safitri(1*),

(1) IAIN Salatiga
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/p.v5i1.12349

Abstract


ABSTRAK

Anak Usia Sekolah Dasar (usia 6-13 tahun) memerlukan sebuah metode yang tepat dalam pembelajaran khususnya di bidang music (vocal).  Pada usia tersebut, kondisi psikologis dan kognitif yang baik perlu diciptakan guna mencapai proses dan hasil pembelajaran yang diinginkan. Objek penelitian ini adalah pembelajaran vocal di Purwa Caraka Musik Studio (PCMS) Semarang. Adapun metode yang digunakan adalah qualitative research dengan tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa pembelajaran vocal di PCMS sangat relevan dengan metode Reception Learning. Pembelajaran tersebut dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu: 1). advanced organizer, yang berupa kegiatan pengkondisian psikologis dan kognitif siswa; 2). Pemberian tugas belajar yang bertujuan untuk pendalaman teknik vocal; dan 3). Evaluasi tahapan sebelumnya dengan maksud mengetahui capaian hasil belajar siswa.


Keywords


pembelajaran vocal; reception learning; Purwa Caraka Musik Studio.

Full Text:

PDF

References


Adi, Heru Radityo. 2014. “Fungsi dan Bentuk Penyajian Musik Ritual Tinggalan Jumenengan di Karaton Surakarta”. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

-----. 2006a. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ausubel, David P. 1960. “The Use of Advance Organizers in The Learning and Retention of Meaningful Verbal Material”. Dalam Journal of Educational Psychology. Vol. 51. No. 5.

Caraka, Purwa. 2012. Panduan Belajar Vokal untuk Siswa Grade 1. ----: Purwa Caraka Musik Studio.

-----. 2012a. Panduan Belajar Vokal untuk Siswa Grade 2. ----: Purwa Caraka Musik Studio.

-----. 2012b. Panduan Belajar Vokal untuk Siswa Grade 3. ----: Purwa Caraka Musik Studio.

Chatarina, Anni Tri. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang.

Florentinus, Totok Sumaryanto. 2001. Buku Paparan Kuliah: Solfegio Konsep dan Latihan. Semarang: Sendratasik.

Howe, Michael J. A, Jane W. Davidson dan John A. Sloboda. 1998. “Innate talents: Reality or myth?”. Dalam Behavioral and Brain Sciences. Vol. 21. No. 3. 1 Jun 1998. hlm. 399-407.

Johan. 2009. Psikologi Musik. Yogyakarta: Best Publisher.

Koca, Fatih. 2016. “Motivation to Learn and Teacher–Student Relationship”. Dalam Journal of International Education and Leadership. Volume 6. Issue 2, hlm. http://www.jielusa.org. Diakses, 16 Desember 2019.

Latifa, Umi. “Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya”. Dalam Academica: Journal of Multidiciplinary Studies. Vol. 1. No. 2. Juli-Desember 2017.

M. Soeharto, M. 1992. Kamus Musik. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

PCMS, ---. “A Celebration of Ten Thousand Days in Musik Purwa Caraka Musik Studio”. https://www.purwacarakamusikstudio.com/news.php. Diakses, 18 November 2019.

-----. 2018a. Silabus Ujian Vokal. Semarang: Tidak diterbitkan.

Welch, J. Philip. ---. “A Consideration of the Inheritance of Musikal Talent on the Occasion of the Mozart Bicentenar”. Dalam https://dalspace.library.dal.ca/bitstream/handle/10222/63146/dalrev_vol73_iss2_pp153_165.pdf?sequence=1. Diakses, 12 Desember 2019.

Williams, Kaylene C. dan Caroline C. Williams. ---. “Five key ingredients for improving student motivation”. Dalam https://www.aabri.com/manuscripts/11834.pdf. Diakses, 15 Desember 2019.


Article Metrics

Abstract view : 158 times | PDF view : 4 times

Refbacks



Copyright (c) 2020 JURNAL PAKARENA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Program Studi Pendidikan Sendratasik
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar

Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung 
Jl.
Daeng Tata Makassar 90224

E-mail: pakarena@unm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pakarena  dilisensikan di bawah  Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .

Index by