Penggunaan Media Pasir Dalam Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Huruf Untuk Murid Tunagrahita Ringan

Dea Mutmainnah A(1), Usman Usman(2*), Dwiyatmi Sulasminah(3),

(1) Unversitas Negeri Makassar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Khusus
(2) Universitas Negeri Makassar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Khusus
(3) Universitas Negeri Makassar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Khusus
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan mengenal huruf pada murid tunagrahita ringan padamata pelajaran Bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakahpeningkatan kemampuan mengenal huruf murid tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri 1 Barrumelalui penggunaan media pasir” Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan.Subjek dalam penelitian ini adalah satu murid Tunagrahita Ringan yang berinisial H. Penelitian inimenggunakan metode eksperimen Single Subject Research (SSR) yaitu memfokuskan pada dataindividu sebagai sampel penelitian dengan desain menggunakan A-B-A. Kesimpulan penelitian ini:1) Kemampuan mengenal huruf murid tunagrahita ringan sebelum diberikan intervensi sangatkurang berdasarkan hasil analisis sebelum pemberian intervensi 2) Kemampuan mengenal hurufmurid tunagrahita ringan selama diberikan intervensi mengalami peningkatan ke kategori cukup,dilihat dari hasil analisis selama diberikan intervensi 3) Kemampuan mengenal huruf muridtunagrahita ringan setelah diberikan intervensi meningkat ke kategori baik, dilihat dari hasilanalisis setelah diberikan intervensi 4) Peningkatan kemampuan mengenal huruf murid tunagrahitaringan berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan intervensikemampuan mengenal huruf murid tunagrahita ringan sangat kurang meningkat ke kategori cukuppada kondisi selama diberikan intervensi dan setelah diberikan intervensi meningkat ke kategoribaik. Dengan demikian kemampuan mengenal huruf murid tunagrahita ringan meningkat, hal inidisebabkan karena adanya pengaruh dari pemberian intervensi (B) melalui media pasir.

Keywords


Kemampuan mengenal huruf, Media pasir, Tunagrahita Ringan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 155 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dea Mutmainnah A, Usman Usman, Dwiyatmi Sulasminah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipulikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Alamat Penyunting dan Tata Usaha: Jl. Tamalate 1 Kampus Tidung FIP UNM.

Phone: 0822-3399-2773 / 0813-5559-1989

Email: jurusan.plb.fip.unm@gmail.com

   

p-ISSN: 2614-6177

by
Orto Didaktika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.