KAJIAN SISTEM SEKOLAH SEHARI PENUH (FULL DAY SCHOOL) DI SMAN 11 MAKASSAR

Kadek Irayasa(1*), Maddatuang Maddatuang(2), Suprapta Suprapta(3), A.M. Miftah Farid(4), Ian Alfian(5), Rahman Rahman(6),

(1) Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(6) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v7i1.9392

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sistem full day school di SMAN 11 Makassar. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, subjek penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, wakil kepala sekolah bagian hubungan masyarakat, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, guru, dan peserta didik. Teknik sampling yaitu purposive sampling, snowball sampling, dan insidental sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dan uji keabsahan data. Hasil penelitian yaitu implementasi full day school di SMAN 11 Makassar melebihi ketetapkan waktu dalam Permendikbud No 23 Tahun 2017. Pelaksanaan full day school terdiri dari kegiatan harian, mingguan, insidental, dan tahunan. Faktor penghambat yaitu sarana dan prasarana, kurangnya inovasi pembelajaran, latar belakang peserta didik, jumlah guru dan siswa belum sebanding, sekolah belum bekerjasama lembaga pendidikan, dan kelelahan. Faktor pendukung yaitu sarana proyektor tiap guru, dan sarana laboratorium fisika, kimia, biologi, komputer, dan bahasa.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 133 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL NALAR PENDIDIKAN