PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL, REGULASI DIRI, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 2 SENGKANG
(1) State University of Makassar/ Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v7i1.9390
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif expost facto yang bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran kecerdasan interpersonal siswa; (2) memperoleh gambaran regulasi diri siswa; (3) memperoleh gambaran kemampuan berpikir logis siswa; (4) memperoleh gambaran prestasi belajar matematika siswa; (5) mengetahui apakah terdapat pengaruh kecerdasan interpersonal, regulasi diri, dan kemampuan berpikir logis secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa; (6) mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan memperhatikan regulasi diri dan kemampuan berpikir logisnya; (7) mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan regulasi diri terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan memperhatikan kecerdasan interpersonal dan kemampuan berpikir logisnya; (8) mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan kemampuan berpikir logis terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan memperhatikan kecerdasan interpersonal dan regulasi dirinya. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Sengkang dengan menggunakan sampel penelitian dari kelas XII IPA 2 dan XII IPS 1. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan tes kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial (analisis regresi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sengkang memiliki tingkat (1) kecerdasan interpersonal dalam kategori sedang; (2) regulasi diri kategori sedang;(3) kemampuan berpikir logis kategori sedang; (4) prestasi belajar matematika kategori sedang; (5) kecerdasan interpersonal, regulasi diri, dan kemampuan berpikir logis berpengaruh positif secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika; (6) kecerdasan interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika; (7) regulasi diri berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap prestasi belajar matematika; (8) kemampuan berpikir logis berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 485 times | PDF view : 279 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Dian Kharisma, Darwing Paduppai, Nurwati Djam'an
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .