ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 GOWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA MENGGUNAKAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC TEST

Andi Ramdan Al Qadri(1*), Panji Mujahid Alhaq(2), Nurul Muthmainnah(3), Mirna Ayu Irpadilla(4), Herlina Herlina(5), Nur Aulia(6), Aviva R Scholten(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(6) 
(7) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v7i1.9388

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui berapa besar presentase peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Gowa yang mengalami miskonsepsi pada materi larutan penyangga serta mengetahui bentuk-bentuk serta sebab terjadinya miskonsepsi pada siswa. Penelitian tersebut menggunakan instrument Three tier diagnostic test  untuk menganalisis miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik dengan teknik analisis data menggunakan teknik statistic deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 28 orang peserta didik kelas XI SMAN 1 Gowa. Objek penelitian ini adalah miskonsepsi pada siswa dan faktor penyebabnya. Data dikumpulkan melalui observasi, Three tier diagnostic test, dan wawancara. persentase peserta didik kelas XI IPA 8 SMAN 1 Gowa yang mengalami miskonsepsi pada materi larutan penyangga adalah sebesar 47,02%, untuk yang paham konsep sebesar 7,74%, dan untuk yang tidak paham konsep diperoleh sebesar 41,07%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi yang dialami siswa terjadi pada materi komponen larutan penyangga serta bentuk miskonsepsi terjadi pada materi aplikasi larutan penyangga.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 70 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL NALAR PENDIDIKAN