MEDIA UPIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DALAM REVOLUSI INDUSTRI 4.0
(1) SMKN 1 TAMBELANGAN
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v7i1.8676
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran UPIL pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Tambelangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) ADDIE yang dikemukakan oleh Robert Maribe Branch, yaitu Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Tahap Analyze mendapatkan hasil perlunya media pembelajaran yang bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Proses Design dilakukan untuk mendapatakan jenis komponen sensor yang tepat untuk diterapkan pada sekolah. Pada tahap Develop dilakukan untuk menentukan penempatan komponen, perancangan program perangkat lunak, dan ketahanan komponen. Tahap Implement dilakukan uji kelayakan terhadap ahli media dan pembelajaran langsung pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Tambelangan. Tahap Evaluate menggunakan instrument angket dengan skala Likert empat pilihan untuk mengukur persepsi responden terhadap Media UPIL.Hasil penelitian kelayakan media pembelajaran UPIL ditinjau dari dua aspek yaitu: (1) Aspek kualitas media mendapatkan persentase skor 67,7% dengan kategori “LAYAK” dan 32,3% dengan kategori “SANGAT LAYAK”; (2) Aspek kualitas materi mendapatkan persentase skor 35,5% dengan kategori “LAYAK”, dan 61,29% dengan kategori “SANGAT LAYAK”. Sehingga media pembelajaran UPIL layak digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Pada hasil ujicoba pretest dan posttest dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 74,3% setelah melalui pembelajaran Media UPIL.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 199 times | PDF view : 64 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Samsul Jamal
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .