PENGARUH MODEL PAIKEM TERINTEGRASI MEDIA SOSIAL TERHADAP TINGKAT MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS X DI SMA PGII 2 BANDUNG (Penelitian Tindakan Kelas dengan Tema Materi Meniti Hidup dengan Kemuliaan Pada Siswa Kelas X Di SMA PGII 2 Bandung)
(1) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Bandung
(2) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v7i1.8623
Abstract
terintegrasi media sosial, tingkat motivasi belajar dan pengaruh model PAIKEM terintegrasi media sosial terhadap tingkat motivasi belajar pada siswa kelas X di SMA PGII 2 Bandung. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-MIPA 2. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket tertutup dan dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu silabus, RPP, dokumentasi dan catatan harian. Teknik analisis data dalam PTK dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Penyajian data yang digunakan yaitu uji validitas, reliabilitas, normalitas dan regresi. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh model PAIKEM terintegrasi media sosial terhadap tingkat motivasi belajar sebesar 99,0% artinya nilai tersebut termasuk kedalam kategori sangat baik. Hasil tersebut dilihat dari variabel yang meliputi aspek dan indikator yang telah dicapai melalui angket seperti pada variabel (X1) model PAIKEM yaitu terdapat aspek aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan, variabel (X2) media sosial yaitu terdapat aspek keterampilan teknis, keterampilan sosial dan fungsi media sosial dan variabel (Y) meliputi aspek motivasi belajar baik dilihat dari motivasi intrinsik maupun ekstrinsik.
Kata Kunci: Model PAIKEM, Media Sosial, Motivasi Belajar
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 513 times | PDF view : 114 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Nadri Taja, Novi Prihantikasari
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .