PENGARUH MODEL PAIKEM TERINTEGRASI MEDIA SOSIAL TERHADAP TINGKAT MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS X DI SMA PGII 2 BANDUNG (Penelitian Tindakan Kelas dengan Tema Materi Meniti Hidup dengan Kemuliaan Pada Siswa Kelas X Di SMA PGII 2 Bandung)

Nadri Taja(1*), Novi Prihantikasari(2),

(1) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Bandung
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v7i1.8623

Abstract


terintegrasi media sosial, tingkat motivasi belajar dan pengaruh model PAIKEM terintegrasi media sosial terhadap tingkat motivasi belajar pada siswa kelas X di SMA PGII 2 Bandung. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-MIPA 2. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket tertutup dan dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu silabus, RPP, dokumentasi dan catatan harian. Teknik analisis data dalam PTK dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Penyajian data yang digunakan yaitu uji validitas, reliabilitas, normalitas dan regresi. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh model PAIKEM terintegrasi media sosial terhadap tingkat motivasi belajar sebesar 99,0% artinya nilai tersebut termasuk kedalam kategori sangat baik. Hasil tersebut dilihat dari variabel yang meliputi aspek dan indikator yang telah dicapai melalui angket seperti pada variabel (X1) model PAIKEM yaitu terdapat aspek aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan, variabel (X2) media sosial yaitu terdapat aspek keterampilan teknis, keterampilan sosial dan fungsi media sosial dan variabel (Y) meliputi aspek motivasi belajar baik dilihat dari motivasi intrinsik maupun ekstrinsik. 

 

Kata Kunci: Model PAIKEM, Media Sosial, Motivasi Belajar

 

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 202 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL NALAR PENDIDIKAN