PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SDN 116 ENREKANG MELALUI METODE DEBAT
(1) SDN 116 Enrekang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v6i2.7101
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penggunaan metode debat dalam peningkatan hasil belajar berbicara pada Kelas VI di SDN 116 Enrekang., (2) mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran berbicara dengan menggunakan metode debat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) yang dilaksanakan di SDN 116 Enrekang pada siswa Kelas VI, yang berjumlah 26 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua kali tindakan (siklus). Setiap tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes unjuk kerja dan uji kompetensi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dan observasi. Hasil Penelitian terbukti signifikan (1) penggunaan metode debat secara efektif telah mengalami peningkatan hasil belajar berbicara siswa kelas VI SDN 116 Enrekang. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan perolehan belajar secara individu rata-rata 80,18 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 82,92 % dan (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran tampak lebih efektif sejak dari tindakan I hingga tindakan II, dimana rata-rata waktu aktif siswa sebesar 74,16 %, hal ini berarti bahwa siswa belajar dengan penuh antusias, sementara waktu yang tidak efektif hanya sebesar 25,83 % atau peningkatan keaktifan siswa dari siklus I dan siklus II sebesar 48,66 %. Secara umum motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan berbagai hal yang menarik dan menantang siswa untuk melakukan kegiatan secara aktif.
Kata Kunci: Metode Debat, Hasil Belajar, Aktifitas Siswa
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 222 times | PDF view : 60 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Hawa Hawa
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .