PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) K-13 BERBASIS DISCOVERY LEARNING SISWA SMA KELAS X PADA MATERI ANALISIS VEKTOR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v6i2.7090
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mengetahui proses pengembangan LKPD berbasis discovery learning pada materi analisis vektor kelas X; dan (2) mengetahui bagaimana hasil produk LKPD berbasis discovery learning pada materi analisis vektor kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development), menggunakan desain penelitian dan pengembangan dari Thiagarajan yang dikenal dengan model 4-D yang diadaptasi menjadi model 3-D yang terdiri dari beberapa tahap yaitu (1) pendefinisian, (2) perancangan, dan (3) pengembangan. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah berupa produk yaitu Lembar Kerja Peserta Didik K-13 berbasis Discovery Learning pada materi Analisis Vektor. Berdasarkan dari hasil uji coba lapangan terbatas maka dapat disimpulkan bahwa LKPD ini terbukti layak untuk digunakan dengan skor rata-rata 3,145.
Kata kunci: analisis vektor, discovery learning, kurikulum 2013, LKPD, lembar kerja, pengembangan.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 2146 times | PDF view : 1056 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Muh. Tri Prasetia Nua, Nurul Wahdah, Muh. Mahfud
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .