MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 1 PITUMPANUA KABUPATEN WAJO MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Muhammad Tang(1*),

(1) SMA Negeri 1 Pitumpanua
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v6i2.7089

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi elektrostatika dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Pitumpanua Kabupaten Wajo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan metode pembelajaran Kooperatif tipe STAD yang melalui 2 siklus, yaitu : Siklus I pada bulan September 2015 dan Siklus II pada bulan November 2015. Faktor yang akan diselidiki yaitu faktor guru, peserta didik dan sumber belajar. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan menurut metode Kemmis dan Taggart meliputi: kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi: Tes diagnostik, wawancara, pengamatan, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata hasil belajar sebelum perbaikan sebesar 47,65, setelah siklus I sebesar 68,53 dan setelah siklus II sebesar 82,06.


Kata kunci: Fisika (sains), Hasil belajar, Metode pembelajaran tipe STAD


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 140 times | PDF view : 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Muhammad Tang

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics