KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SOSIAL, DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGGUMINASA

St. Aflahah(1*),

(1) Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.18172

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, dan kemampuan awal matematika secara bersamaan pada prestasi hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungguminasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif melalui penggunaan jenis penelitian ex post facto. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai sampel penelitian sebanyak 70 siswa yakni kelas VIII B dan VIII C dipilih secara acak dengan menggunakan teknik simple random sampling dari seluruh kelas VIII pada tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah dua belas kelas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik inferensial menemukan bahwa kemampuan awal matematika, kecerdasan emosional, dan kecerdasan sosial siswa berpengaruh secara bersama-sama dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan persamaan regresi berganda Y = -31,63 + 0.50X1 + 0,11X2 + 0,40X3. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya upaya meningkatkan kecerdasan emosional, dan kecerdasan sosial, serta kemampuan awal siswa pada matematika dapat membantu mereka dalam meningkatkan prestasi belajar matematikanya.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 146 times | PDF view : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 St. Aflahah

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics