PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 BURAU KABUPATEN LUWU TIMUR

Kadek Winarta(1*), Fakhri Kahar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v5i1.5919

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran Jigsaw, kondisi sikap dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dengan modelpembelajaran Jigsaw, dankondisi hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran Sosiologi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Burau Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan mixing methods danpengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan dokumen dan observasi partisipasif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran konvensional tidak bisa meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 70,44. Model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkankerjasama, respon/inisiatif, perhatian, tanggung jawab, kedisipilinan, dan sikap tolerir siswa. Setelah pelaksanaan pembelajaran model Jigsaw siklus pertama dan siklus kedua, hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi meningkat menjadi 79.44.

 

Kata kunci:Model pembelajaran jigsaw, Hasil belajar, Mixing methods


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 499 times | PDF view : 130 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Kadek Winarta, Fakhri Kahar

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics