Penerapan Teknik Permainan Monopoli dalam Bimbingan Karier untuk Meningkatkan Jiwa Berwirausaha Siswa di SMK Telkom Makassar

Algha Sanjaya(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v5i2.4871

Abstract


Abstract

The purpose of this research is to determine the initial description of the soul of entrepreneurship students, to know the description of the application, and to know the application of monopoly game techniques in career guidance can improve the soul of entrepreneurship students in SMK Telkom Makassar. This research uses quantitative approach with Pre-Experimental Design model, it used is One-Group Pretest-Posttest Design toward 20 samples. Data collection using questionnaire and observation. Data analysis using descriptive statistical analysis and hypothesis test using Wilcoxon signed rank test. The results of this study there are three. The initial description of the student soul of entrepreneurship in SMK Telkom Makassar is in the low category. The description of the application of monopoly game techniques in career guidance in SMK Telkom Makassar was held for 5 meetings with 6 times of research activities. Application of monopoly game techniques in career guidance has a significant effect in improving student soul of entrepreneurship in SMK Telkom Makassar.

Keywords: Career guidance, Monopoly game techniques, The soul of entrepreneurship

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran awal jiwa berwirausaha siswa, untuk mengetahui gambaran penerapan teknik permainan monopoli dalam bimbingan karier untuk meningkatkan jiwa berwirausaha, dan untuk mengetahui penerapan teknik permainan monopoli dalam bimbingan karier dapat meningkatkan jiwa berwirausaha pada siswa di SMK Telkom Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Pre-Experimental Desaign, desain eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretest—Posttest Design terhadap 20 sampel. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian ini ada tiga. Gambaran awal jiwa berwirausaha siswa di SMK Telkom Makassar berada pada kategori rendah. Gambaran penerapan teknik permainan monopoli dalam bimbingan karier di SMK Telkom Makassar dilaksanakan selama 5 kali pertemuan dengan 6 kali tahapan kegiatan penelitian. Penerapan teknik permainan monopoli dalam bimbingan karier berpengaruh signifikan dalam meningkatkan jiwa berwirausaha siswa di SMK Telkom Makassar.

Kata Kunci: Bimbingan karier, Teknik permainan monopoli, Jiwa berwirausaha

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 322 times | PDF view : 329 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Algha Sanjaya

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics