PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 01 MANOKWARI (STUDI PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN)

Sumarni S Sumarni S(1*), Bimo Budi Santoso(2), Achmad Rante Suparman(3),

(1) Universitas Papua Manokwari
(2) Universitas Papua Manokwari
(3) Universitas Papua Manokwari
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v5i1.3285

Abstract


Penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif siswa di SMA Negeri 01 Manokwari (studi pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan) yang bertujuan untuk menentukan apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kognitif siswa dan untuk mengukur persentase efek dari kedua model. Penelitian ini menggunakan quasi-eksperimental dengan desain posttest-pretest. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa adalah esai tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif dari model inkuiri terbimbing adalah lebih baik dari model pembelajaran konvensional dengan efek 29,49 persen.

Kata kunci: Hasil belajar kognitif , Inkuiri terbimbing, Model pembelajaran


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2059 times | PDF view : 2170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sumarni S Sumarni S, Bimo Budi Santoso, Achmad Rante Suparman

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics