MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS XI IPA~6 MELALUI METODE SQ3R SMA NEGERI 1 BONTONOMPO, KECAMATAN BONTONOMPO, KABUPATEN GOWA

Zainal Abidin(1*),

(1) SMA Negeri 1 Bontonompo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v5i1.3284

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas XI IPA~6 SMA Negeri 1 Bontonompo melalui metode survey, question, reading, recite, review (SQ3R). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA~6 SMA Negeri 1 Bontonompo tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 33 orang. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan dengan dua siklus, dan dilakukan 3 kali pertemuan pada masing-masing siklus. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bontonompo dengan menggunakan metode SQ3R. Hal ini tergambar pada peningkatan nilai rata-rata, yakni pada siklus I sebesar 78,18 dan pada siklus II sebesar 84,92. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bontonompo pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Kata kunci: Penelitian tindakan kelas, Keterampilan membaca, SQ3R 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1170 times | PDF view : 1733 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Zainal Abidin

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics