PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WATAMPONE

Asnaeni Rauf(1*), Yusminah Hala(2), A. Mushawwir Taiyeb(3),

(1) SMP Negeri 1 Watampone
(2) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v5i1.3281

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian pre-eksperimen, perlakuan diberikan pada satu kelompok eksperimen tanpa kelompok kontrol. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar IPA Biologi. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest desain. Populasi  adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Watampone berjumlah 338 siswa terdiri dari 13 rombel. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT  meningkatkan motivasi belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Watampone (2) Hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Watampone mengalami peningkatan melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT (3) penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Watampone (4) penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Watampone.

Kata Kunci: motivasi belajar, Hasil  belajar, Numbered Head Together



Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 596 times | PDF view : 723 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Asnaeni Rauf, Yusminah Hala, A. Mushawwir Taiyeb

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics