PEMBELAJARAN GENETIKA (SUSAH) DENGAN STRATEGI HUMOR (MUDAH), APAKAH MEMPENGARUHI MINAT SISWA?

Sitti Saenab(1*), Nurhayati B(2), Hamka L(3), Suci Ramdani Fitri(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v4i2.2414

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran berbasis humor terhadap minat belajar siswa kelas XII pada konsep genetika di SMA Negeri 11 Makassar. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu pre-experimental disgn. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII MIA1 SMA Negeri 11 Makassar tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random class sampling. Sampel adalah siswa kelas XII MIA1 Negeri 11 Makassar tahun ajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan adalah angket minat belajar siswa dengan teknik pengumpulan data pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data deskriktif melalui n-gain dan statistik inferensial melalui uji t. Berdasarkan uji analisis inferensial uji t diketahui bahwa terdapat perubahan (peningkatan) signifikan pada minat belajar siswa sebelum dan sesudah diajar menggunakan strategi pembelajaran berbasis humor, begitu pula nilai yang ditunjukan n-gain diketahui bahwa besar peningkatan minat belajar kelas MIA1 pada katagori sedang dan tinggi yakni 29 siswa (80,6%).


Kata kunci: Strategi humor, Minat Belajar, Genetika


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 518 times | PDF view : 220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Sitti Saenab, Nurhayati B, Hamka L, Suci Ramdani Fitri

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics