PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI DENGAN POKOK BAHASAN INTERAKSI SOSIAL MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS X-5 SMA NEGERI 3 SUNGGUMINASA

Tarmo Tarmo(1*),

(1) SMA Negeri 3 Sungguminasa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v4i2.2413

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Sosiologi melalui pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X~5 SMA Negeri 3 Sungguminasa sebanyak 35 orang. Peningkatan kualitas pembelajaran Sosiologi ini meliputi kualitas proses dan kualitas hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Siklus I skor rata-rata siswa yaitu 70,29 dari skor ideal 100, dengan siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 24 orang dengan ketuntasan klaksikal 68,57%. (2) Siklus II skor rata-rata siswa yaitu 78,80 dari skor ideal 100, dengan siswa yang tuntas belajar secara individu 35 orang atau ketuntasan klaksikal 100%. (3) Untuk aktivitas proses dilihat dari tiga indikator yaitu: keaktifan fisik, keaktifan mental dan keaktifan sosial. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, baik keaktifan fisik, mental maupun sosial semakin baik dan meningkat dari Siklus I ke Siklus II.


Kata Kunci: Hasil belajar, Pendekatan Contekstual, Teaching Learning


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 181 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Tarmo Tarmo

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics