PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM (QUANTUM TEACHING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD YPS LAWEWU KECAMATAN NUHA KABUPATEN LUWU TIMUR

Agus Supramono(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v4i2.2401

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran penerapan model pembelajaran quantum (quantum teaching), mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran quantum terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III D SD YPS Lawewu. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, menggunakan desain pre eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas III sejumlah 121 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposivesampling dengan jumlah sampel yang digunakan adalah 30 orang di kelas III D. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran quantumdi kelas III D mengalami peningkatan disetiap pertemuannya berdasarkan 6 aspek yang diamati yaitu Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan t hitung sebesar -11.568 pada derajat kebebasan (df) 25 dengan probabilitas (signifikansi) sebesar 0,000 < 0.05, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa sebelum dan setelah diterapkanQuantum Teaching.


Kata Kunci: Hasil Belajar, Quantum Teaching, Pembelajaran IPA


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1790 times | PDF view : 2947 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Agus Supramono

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics