IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS GOOGLE MEET PADA MAHASISWA IKIP BUDI UTOMO MALANG

Muhammad Naharuddin Arsyad(1*), Sari Mellina Tobing(2),

(1) IKIP BUDI UTOMO MALANG
(2) IKIP BUDI UTOMO MALANG
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20488

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji implementasi pembelajaran daring berbasis Google meet pada mahasiswa prodi pendidikan sejarah dan sosiologi angkatan 2020 IKIP Budi Utomo Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini mengambil 45 mahasiswa pada kelas A di prodi Pendidikan Sejarah dan Sosiologi angkatan 2020. Penelitian ini menggunakan metode triangulasi dari data yang diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya: (1) Implementasi pembelajaran daring berbasis Google meet pada mata kuliah pengantar antro-sosiologi berjalan dengan baik dan mayoritas mahasiswa merespon dengan baik karena adanya kemudahan akses, fitur whiteboard di aplikasi Google meet tersebut dan juga solusi dari dosen ketika mahasiswa mengalami gangguan sinyal dan pemadaman listrik yang terjadi di lingkungan mahasiswa. (2) Nilai hasil belajar mahasiswa di tingkat kategori sangat baik terhadap nilai persentasi 62% dan berada pada kategori baik dengan persentase sebanyak 37%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah dan Sosiologi Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial dan Humaniora IKIP Budi Utomo memperoleh nilai belajar yang sangat tinggi terhadap pembelajaran daring/online berbasis Google meet karena berbagai fitur unggulan yang menunjang proses perkuliahan selama masa pandemi COVID-19.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 367 times | PDF view : 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Naharuddin Arsyad, Sari Mellina Tobing

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics