METODE TRANSLITERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AKSARA JAWA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Biya Ebi Praheto(1*), Felix Baskara Bhakti Utomo(2),

(1) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v8i1.11524

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca aksara Jawa mahasiswa Program Studi PGSD UST melalui implementasi metode transliterasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di Program Studi PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa kelas 3A dikarenakan kemampuan membaca aksara Jawa paling rendah dibandingkan kelas lainnya. adapun objek penelitiannya yaitu kemampuan membaca aksara Jawa. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, dokumen, dan tes. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan merupakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjuukan terjadinya peningkatan kemampuan membaca aksara Jawa pada mahasiswa. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil kegiatan prasiklus hingga siklus II. Hasil pada prasiklus menunjukkan rata-rata nilai sebesar 46,84 dengan ketuntasan klasikal sebesar 41,03% dan hasil siklus 1 menunjukkan nilai rata-rata sebesar 76,4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 64,1%. Selanjutnya, masih terjadi peningkatan kembali pada siklus II dan sudah mencapai indikator penelitian yang direncanakan. Pada siklus II, nilai rata-rata klasikal  sebesar 85,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,2%%.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 74 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL NALAR PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.