Peran Media Pembelajaran dalam Membentuk Pembelajaran yang Interaktif di TK Pada Masa Pandemi
(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(3) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v10i2.36992
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan suatu media pembelajaran dalam membentuk pembelajaran yang interaktif selama masa pandemi. Penelitian ini dilakukan di TK ABA Kenaji dengan metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah sejumlah guru dan Wali Murid TK ABA Kenaji. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Media pembelajaran yang digunakan di TK ABA Kenaji dalam menunjang pembelajaran selama pandemi adalah Google meets, Zoom meeting, WhatsApp group, Video Youtobe, dan media peraga edukatif lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berjalan dengan efektif dan dapat membentuk pembelajaran yang interaktif walaupun dimasa pandemi. Pembelajaran di TK ABA Kenaji dapat menciptakan suasana yang interaktif hal ini dibuktikan dengan keaktifan siswa didalam kelas kemudian siswa tetap kreatif dalam menciptakan karyanya. Kelebihan dari media yang digunakan adalah secara tidak langsung dapat mengenalkan kepada siswa mengenai perkembangan tekhnologi, bahwa dalam keadaan pandemi kita masih bisa melakukan pembelajaran dengan efektif dan efisien. Pembelajaran melalui zoom meeting, google meets, dll dilakukan 2 kali dalam seminggu, sedangkan pembelajaran yang menggunakan media peraga edukatif dilaksanakan 1 kali dalam seminggu.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 40 times | PDF view : 28 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fillah Babul Fathatul Jannah; Dian Hidayat, Astutri Puji Rahayu
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .