Mengukur Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas VII SMP Dian Harapan Daan Mogot

Anastasia Sri Suyati(1*), Risma Dearni Saragih(2), Samuel Lukas(3), Whitney Mega Talahtu(4),

(1) Universitas Pelita Harapan, Semanggi Jakarta Pusat.
(2) Universitas Pelita Harapan, Semanggi Jakarta Pusat.
(3) Universitas Pelita Harapan, Semanggi Jakarta Pusat.
(4) Universitas Pelita Harapan, Semanggi Jakarta Pusat.
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v10i2.37655

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan instrumen yang valid dan reliabel yang dapat diandalkan untuk mengukur rasa ingin tahu siswa. Metode penelitian ini adalah metode kuantitiatif. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan 5 jenis pilihan jawaban. Pilihan jawabannya adalah Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Ragu-ragu (R), Tidak Setuju (TS) dan Sangat Tidak Setuju (STS). Populasi pada penelitian ini adalah SMP Dian Harapan kelas VII. Sampel ditentukan secara random sampling yang mana seorang peneliti membagi populasi menjadi beberapa grup yang terpisah pada unit- unit tanpa mendata dengan jelas jumlah unit individual yang disebut sebagai cluster. Instrumen ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dari siswa kelas VII Sekolah Dian Harapan Daan Mogot, Jakarta sebanyak 184 responden, dengan 171 sampel. Tingkat rasa ingin tahu siswa dihitung berdasarkan lima Skala Likert, yaitu; sangat tidak setuju hingga sangat setuju dan untuk mengujinya digunakan cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tingkat rasa ingin tahu siswa sebesar 3,75. Ditemukan juga, koefisien determinasi menunjukan indikator bertanya dan diskusi dapat menjelaskan rasa ingin tahu sebesar 99%.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 93 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anastasia Sri Suyati, Risma Dearni Saragih, Samuel Lukas, Whitney Mega Talahtu

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics