Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 di Kelas IV SDN
(1) Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
(2) Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
(3) Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v10i2.37357
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran discovery berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Penelitian kuantitatif dengan teknik Quasi Experimental Design inilah yang disebut dengan bentuk penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 091428 Siligason mengenai tema pertama, subtema kedua, dan tujuan pembelajaran pertama. Hal ini ditunjukkan dengan fakta bahwa kelompok eksperimen memperoleh skor rata-rata post-test 74,43 ketika menerapkan model pembelajaran discovery, sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor 57,09 ketika menerapkan model pembelajaran kontekstual. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat disparitas antara nilai rata-rata yang diperoleh kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. karena nilai kelompok eksperimen lebih besar dari nilai kelompok kontrol, dan hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa (4,463) lebih besar dari (2,014) hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima dalam penelitian, sedangkan hipotesis Ho ditolak. Oleh karena itu, terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 091528 Siligason tentang tema 1 subtema 2 pembelajaran 1.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 53 times | PDF view : 20 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Indah Ratih Sirait, Yanti Arasi Sidabutar, Sunggul Pasaribu
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .