Evaluasi Self-Directed Learning Berdasarkan Model, Durasi, dan Instruksi Belajar Mandiri Mahasiswa

Yusran Yusran(1*), Martina Ismayanti(2), Wahyuddin Wahyuddin(3),

(1) Universitas Tomakaka
(2) Universitas Tomakaka
(3) STAIN Majene
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v10i2.38158

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui durasi belajar mandiri mahasiswa berdasarkan Sistem Kredit Semester. Selain itu, penelitian ini mengungkap model belajar mandiri atau self-directed learning (SDL) mahasiswa dan instruksi dosen dalam model belajar tersebut. Sebanyak 144 mahasiswa FKIP Universitas Tomakaka dan STAIN Majene berpartisipasi sebagai responden dengan mengisi survei Google Form yang memuat pertanyaan tertutup dan terbuka. Data kuantitatif dianalisis dengan metode statistik deskriptif sedangkan data kualitatif dianalisis dengan bantuan aplikasi NVivo 12. Penelitian ini menemukan bahwa durasi belajar mandiri mahasiswa baik pada satu atau secara keseluruhan mata kuliah yang mereka program tidak sesuai dengan standar SKS dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2020. Selain itu, ditemukan bahwa membaca materi yang berkaitan dengan mata kuliah merupakan model SDL yang paling umum dilakukan; disusul oleh pengerjaan tugas menulis, diskusi, dan menyelesaikan soal. Mendengarkan audio dan menonton video materi meskipun tidak begitu populer juga biasa diberikan dosen khususnya pada program Pendidikan Bahasa Inggris. Instruksi dosen agar mahasiswa belajar mandiri di luar kelas juga nampak pada tren yang baik, tetapi dosen terkendala dalam memastikan mahasiswa benar-benar telah memenuhi durasi dan instruksi dalam.mengerjakan tugas secara mandiri.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 175 times | PDF view : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yusran Yusran, Martina Ismayanti, Wahyuddin Wahyuddin

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics