PELAKSANAAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA MIFTAHUL HIDAYAH PEKANBARU

Ahmad Muttaqin(1*),

(1) Universitas Islam Riau
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v7i2.11827

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode eksperimen dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah MA Miftahul Hidayah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah Wawancara dan Observasi. Berdasarkan hasil penelitian seperti yang telah dikemukakan sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan metode Experimen pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dikarenakan metode Experimen menciptakan pembelajaran bermakna dalam membentuk kemampuan berpikir dengan mencoba hal-hal yang baru dengan melakukan percobaan dan memungkin kan peserta didik mengeksplorasi secara langsung materi yang diajarkan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 37 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL NALAR PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.