PENGARUH PENGGUNAAN TIK DALAM PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL UJIAN NASIONAL SISWA SMA DI KABUPATEN ENDE
(1) Universitas Flores
(2) Universitas Flores
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v7i2.11815
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan TIK dalam pembelajaran terhadap hasil ujian nasional (UN) siswa, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil UN siswa, (3) pengaruh penggunaan TIK dalam pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil UN siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian survey dengan cara menyebarkan kuesioner. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Alsiora, SMA Swasta Katolik ST. Petrus, dan SMA Swasta Adyaksa Kabupaten Ende tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah sampel sebanyak 93 siswa. Teknik pengumpulan data berupa kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan TIK dalam pembelajaran dengan hasil UN siswa, dibuktikan thitung10,570>1,990ttabel dengan signifikansi 0,000<0,05. (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil UN siswa, dibuktikan thitung0,875<1,990ttabel dengan signifikansi 0,384>0,05. (3) Ada pengaruh posistif dan signifikan secara bersama-sama antara penggunaan TIK dan motivasi belajar terhadap hasil UN siswa, dibuktikan Fhitung89.041>3.10Ftabel dengan signifikansi 0.000<0.05.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 272 times | PDF view : 74 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Kristina Sara, L.B. Finansisus Mando
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .