PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL DALAM MENANGANI KEMISKINAN DI ERA MILENIAL (STUDI KASUS LOKA LATIHAN KERJA UKM KABUPATEN BIAK NUMFOR)
(1) Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak
(2) Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v8i2.15519
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran dari LLK UKM di dalam menangani kemiskinan di era-milenial di kabupaten Biak Numfor. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di kabupaten Biak Numfor, dengan fokus pada peran pendidikan non-formal, data yang dipergunakan adalah data primer dan skunder. Metode penelitian dalam penelitian ini dimulai dari survey awal selanjutnya pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LLK UKM Kabupaten Biak Numfor yang tergolong dalam Pendidikan nonformal memiliki adil dalam menagani kemiskinan di kabupaten Biak Numfor terlebih di era milenila sekarang ini melalui penurunan tingkat pengangguran. Upaya LLK UKM dalam menurunkan tingkat pengangguran di Kabupaten Biak Numfor melalui beberapa strategi skaligus perannya sebagai Lembaga Pelatihan yaitu Peningkatan Skill Kerja, Peningkatan Kreativitas, Membentuk Karakter kerja, Legalitas keterampilan berupa sertifikat.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1100 times | PDF view : 382 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Busyairi Ahmad, Hamjah Bonso
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .